Selasa, 17 Maret 2020

BK KELAS 7

BAHAN BK HARI INI

BIMBINGAN DAN KONSELING
1 APRIL 2020
KELAS 7B

1. Ceritaka aktifitasmu selama belajar di rumah secara online?

2. Hal positif apa yang kalian dapat selama belajar di rumah?(contoh: dengan keluarga leih dekat,      bisa memahami Bahwa kesehatan itu penting,....dst ) buatlah cerita minimal 10 kalimat

3. Berikan foto-foto disetiap aktivitas yang di lakukan di rumah dengan kelaurga dari pagi hingga malam(contoh: bersih-bersih rumah, olahraga, menjaga kesehatan dengan makan makan yang sehat, cucui tangan, aktifitas dengan keluarga.......dst) diceritakan juga kegiatan yang ada di foto.


(Silahkan dikerjakan sesuai kegiatan masing-masing ceritakan dengan ditail yaaa....bisa di ketik di word, di tulis tangan, diketik di email
jika ada kesulitan atau hal yang bingung bisa japri di WA B.Cicil..)

selamat mengerjakan dan tetap jaga kesehatan, cintai diri sendiri dan keluarga.....
Tuhan Memberkati.....





=========================================================================

BIMBINGAN DAN KONSELING
30 MARET 2020
KELAS 7

KEGIATANKU SELAMA BELAJAR DIRUMAH

1. Ceritakan bagimna Anda menjaga kesehatan selama belajar di rumah?
2. Kegiatan apa yang Anda lakukan untuk mengisi waktu-waktu selama belajar di rumah, setelah selesai melaksanakan tugas-tugas yang diberikan bapak ibu guru?(contoh:bercerita dan bercanda denagn keluarga, membaca, membuat prakarya, belajar memasak...dst.)silhkan di ceritakan secara narasai atau foto, silahkan pilih salh satu.

Selamat mengerjakan
Tuhan memberkati





 ======================================================================= 


BIMBINGAN DAN KONSELING
24MARET 2020
KELAS 7

1. Ceritaka aktifatsmu selama belajar di rumah secara online?
2. Hal positif apa yang kalian dapat selama belajar di rumah?(contoh: dengan keluarga leih dekat,      bisa memahami Bahwa kesehatan itu penting,....dst...)buatlah cerita minimal 10 kalimat
3. Berikan foto-foto disetiap aktivitas yang di lakukan di rumahdengan kelaurga dari pagi hingga malam(contoh: bersih-bersih rumah, olahraga, menjaga kesehatan dengan makan makan yang sehat, cucui tangan, aktifitas dengan keluarga.......dst) diceritakan juga kegiatan yang ada di foto.


(Silahkan dikerjakan sesuai kegiatan masing-masing ceritakan dengan ditail yaaa....bisa di ketik di word, di tulis tangan, diketik di email
jika ada kesulitan atau hal yang bingung bisa japri di WA b.cicil..)

selamat mengerjakan dan tetap jaga kesehatan, cintai diri sendiri dan keluarga.....
Tuhan Memberkati.....

===================================================================


BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

  1. Pengertian Belajar

Semua orang mengenal istilah belajar, aktifitas belajar telah ada sejak adanya manusia. Manusia melaksanakan aktifitas belajar karena belajar sebagai salah satu kebutuhan. Ahli belajar ada yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk belajar, karena dalam dirinya terdapat potensi untuk belajar. Belajar menjadi suatu yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia, hampir sepanjang waktu melakukan ritual belajar. Pengertian umum belajar adalah mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Pengetahuan tersebut diperoleh dari orang lain yang lebih tahu, dari pengalaman, dari membaca dan sebagainya.

Dari faham diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian dan tingkah laku manusia dalam bentuk kebiasaan, penguasaan pengetahuan atau ketrampilan, dan sikap berdasarkan latihan dan pengalaman dalam mencari informasi, memecahkan masalah, mencermati lingkungan untuk mengumpulkan pengetahuan melalui pemahaman, penguasaan, ingatan, pengungkapan kembali di waktu yang akan datang. Belajar berlangsung terus-menerus
 
       Pengertian belajar ialah  bahwa perubahan perilaku itu akibat pengalaman yang diperoleh melalui pengamatan, pendengaran, membaca dan meniru. Manusia adalah makhluk yang berbudaya, befikiran modern, cekatan, pandai dan bijaksana yang diperoleh melalui proses membaca, melihat, mendengar dan meniru. Seseorang belajar dengan mengagumi suatu obyek, figure melalui bacaan, pengamatan dan pendengaran, yang kemudian disenangi dan dikagumi, seperti tertarik pada keindahan, kerapian dan kedamaian suatu obyek. Seorang figure atau tokoh yang dikenal melalui pengamatan, bacaan, drama sinetron, karena dia berkata benar, logis dan nyata, maka pengamat tertarik dan berupaya untuk meniru dan mengikutinya.


  1. Hasil Belajar.
Hasil belajar menurut Djamarah (2000;45), sebagai prestasi dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Untuk menghasilkan sebuah prestasi dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar, keuletan, kesungguhan dan kemauan, rasa optimisme yang tinggi untuk bisa mencapainya.

B.     Sikap dalam Belajar
Beberapa tips, sikap dalam belajar yang baik agar diperoleh hasil yang optimal adalah:
  1. Rumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam belajar.
  2. Belajar harus percaya diri dan memiliki motivasi yang kuat.
  3. Lingkungan belajar harus menyenangkan.
  4. Sarana dan prasarana belajar yang memadahi.
  5. Lengkapi buku-buku pelajaran, buku tulis dan alat-alat tulis (pensil, fulpen, penghapus, penggaris, busur, jangka, text marker, pensil warna-warni, rautan dst), karena peralatan tersebut sebagai dukungan kekuatan pribadi Anda untuk siap dalam belajar.
  6. Miliki ketrampilan belajar dengan suka membaca, menuliskan dan membuat pertanyaan.
  7. Buat catatan (tulis dan susun), jadikan menulis dan bertanya sebagai hal yang menyenangkan.      
  8. Berlatihlah disiplin, jujur dan bertanggung jawab atas hasil belajar.
  9. Kenalilah gaya belajar dan optimalkan sesuai kemampuan Anda.
  10. Belajar dikatakan berhasil bila ada perubahan sikap perilaku.

TUGAS



    1. Belajar menurut pendapat Anda adalah?

2.      Apakah belajar merupakan kebutuhan bagi Anda?Berikan alasany....

3.      Bagaimana cara Anda belajar yang paling efektif?

4.  Anda tentunya pernah merasakan hasil belajar yang paling memuaskan, ceritakan bagaimana cara belajar Anda waktu itu! 

5.      ‘Carilah ilmu sampai ke negeri Cina’, berikan komentar Anda!


tugas bisa dikirim lewat WA/Email 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.