TES DARING SMPK SANTO BERNARDUS
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
KELAS IX
HARI/TANGGAL : RABU, 15 APRIL 2020
SEMSTER : GENAP
WAKTU : 09.30 - 11.30
PETUNJUK PENGERJAAN
1. Waktu mengerjakan 120 menit (09.30 - 11.30)
2. Kerjakan secara MANDIRI, dan tidak boleh saling BERTUKAR JAWABAN dengan teman. UTAMAKAN KEJUJURAN!
3. JAWABAN dikirim ke no WA 085735560706 dalam bentuk FILE WORD dan tidak di perkenankan mengirim dalam bentuk LINK4. PENGIRIMAN TERAKHIR pukul 11.30, lebih dari waktu yang di tentukan maka tidak akan mendapat nilai.
I. Pilihlah Jawaban yang benar dengan cara
melingkari jawaban tersebut di lembar jawab !
1. Kej. 1:26 – 28 Berfirmanlah
Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia
menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala
binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu
menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan
perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah
memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan
bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas
ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang
merayap di bumi."
Salah satu perwujudan pelaksanaan tugas masnuia sebagai citra Allah berdasarkan teks Kitab Suci tersebut adalah ....
Salah satu perwujudan pelaksanaan tugas masnuia sebagai citra Allah berdasarkan teks Kitab Suci tersebut adalah ....
a. merawat
segala ciptaan demi kelangsungan hidup manuisa
b. menjadikan
malam ini sebagai obyek untuk kebahagiaan manusia
c. menjadikan
seluruh ciptaan makanan bagi manusia
d. menjadikan
partner Allah dalam karya penciptaan
2. Manusia diciptakan Tuhan secitra
dengan diri-Nya. Sebagai citra Allah, kita di panggil untuk mewujudnyatakan
tugas yang diberikan Allah kepada kita. Salah satu contoh tindakan perilaku
yang sesuai dengan hati nurani sebagai citra Allah di dalam kehidupan di
lingkungan keluarga adalah ....
a. menjaga
kebersihan lingkungan sekolah
b. berlaku
sopan suntun terhadap orang lain
c. merapikan
tempat tidurnya sendiri
d. ikut
kerja bakti dalam kegiatan RT-RW
3. Bacalah teks Injil Matius 25:14
– 19!
“Sebab
hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri,
yang memanggil hamba-hambanya
dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima
talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima
talenta itu. Ia menjalankan
uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba
yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi
dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan
hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.”
a. berdoa
dan bersyukur atas anugerah Allah
b. berani
dan berani bertanya kepada orang yang lebih tahu
c. masuk
dalam organisasi yang mempunyai bakat
yang sama
d. berlatih
terus menerus tanpa takut salah dan gagal
4. Dalam Surat Filipi 2:2 tertulis,
“hendaklah kamu sehati sepikir dalam satu
kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan diri atau
pujian sia-sia.” Berdasarkan teks tersebut, contoh berteman dalam hidup
sehari-hari adalah ....
a. memberikan
nasihat kepada teman yang bersalah sesuai dengan pendapat kita sendiri
b. rela
berkorban asdal teman kita selalu bahagia dan menyayangi kita
c. membantu
memberi apa yang dibutuhkan teman demi menjaga persahabatan
d. memperhatikan
teman yang memerlukan bantuan kita dan membantu demi kebaikannya
5. Bacalah kutipan teks Injil Lukas 6:6-8 berikut!
Pada
suatu hari Sabat lain,
Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati
tangan kanannya. Ahli-ahli
Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus,
kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk
mempersalahkan Dia. Tetapi
Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata
kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di
tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.
Bentuk kepedulian sebagai
contoh untuk meneladan tindakan Yesus berdasarkan teks tersebut adalah ....
a. melakukan
kunjungan dan mendoakan sahabat yang sakit
b. menunggui
teman yang sedang menghadapi ujian akhir sekolah
c. menghadiri
syukuran ulang tahun sahabat di rumahnya
d. menghargai
sahabat yang berprestasi dengan bangga
6. Bacalah penggalan Dokumen Konsili Vatikan II
pernyataan tentang pendidikan Kristen art. 3 berikut!
“Karena
orang tua telah menyalurkan kehidupan kepada anak-anak, terikat kewajiban amat
berat untuk mendidik anak mereka. Maka orang tualah yang harus diakui sebagai
pendidik mereka yang pertama dan utama”.
Pernyataan yang benar tentang Peran
Keluarga dalam perkembangan anak sesuai dengan penggalan teks di atas adalah
....
a. anak-anak
tidak mungkin berkembang tanpa keluarga
b. mendidik
anak-anak menjadi tugas yang pertama bagi orang tua
c. keluarga
menjadi tempat yang pertama dan utama bagi anak-anak
d. keluarga
harus berjuang sekuat tenaga untuk mendidik
7. Peran guru dalam perkembangan diri siswa
berdasarkan dokumen Gereja Gravissimum Educationis artikel 5 tentang pentingnya
sekolah adalah ....
a. mementingkan
kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama
b. berusaha
memenangkan pendapat sendiri dalam rapat guru
c. mengajarkan
tata tertib sekolah tanpa harus melakukan
d. menanamkan
sikap peduli terhadap orang lain
8. Dalam Injil Matius dinyatakan: “ Berbahagialah orang yang murah hatinya,
karena mereka akan memperoleh kemurahan”
Berdasarkan pesan teks tersebut tindakan
yang tepat ketika kalian menjumpai seorang pengemis adalah ....
a. membiarkannya
dan berlalu
b. melarang
untuk mengemis
c. memberikan
uang supaya dapat pujian
d. memberikan
uang pyang kita miliki
9. Bacalah teks Kitab Suci berikut ini!
“Hari ini telah
lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan ,di
kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu:
Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam
palungan.” Dan tiba-tiba
tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga
yang memuji Allah, katanya: “Kemuliaan bagi
Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan
kepada-Nya.”(Injil Lukas 2:11-14)
Pernyataan yang menunjukkan
ke-Allahan Yesus menurut teks tersebut adalah ....
a. hari
ini telah lahir bagimu Juru selama, yaitu Kristus, Tuhan di kota Daud
b. para
malaikat menemukan Yesus terbaring di palungan bersama Maria dan Yusuf
c. gembala-gembala
berjumpa dengan Maria dan Yusuf dan bayi yang dibungkus lampin dan terbaring
dalam palungan
d. gembala-gembala
pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana seperti yang
diberitahukan Tuhan kepada kita.
10. Bacalah kutipan teks Kis 2: 46 berikut!
“...Dengan bertekun
dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara
bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati”
Berdasarkan teks tersebut,
contoh cara hidup Jemaat Perdana yang masih tetap dihayati pada zaman sekarang
adalah ....
a. doa
lingkungan di tempat orang kaya
b. mengikuti
rekoleksi
c. ibadat
sabda bergiliran di lingkungan
d. ibadat
arwah di lingkungan
11. TRIBUNNEWS.COM,
JAKARTA –
Ahmad Dhani,
Agnes Monica dan Anang Hermansyah dinilai merendahkan martabat manusia saat
menjadi juri Indonesia Idol tahun 2012. Aliansi Peduli Acara Televisi Indonesia
(Ampati) melaporkan para juri ini ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). “Tetapi
ketika para juri menilai yang berkaitan
dengan ‘personal’ atau penampilan kontestan ini yang menjadi persoalan,”
ujar ketua Ampati, Hartoyo di gedung KPI, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2014). Di
hadapan komisioner KPI, Idy Muzayyad dan Ezky Suyanto, Hartoyo menjelaskan,
Anang Hermansyah, Agnes Monica dan Ahmad Dhani ini dinilai sering melakukan
perendahan martabat. Ketiganya mencela personal kontestan misalnya banci,
kurang macho dan lainnya. Hartoyo mencontohkan perendahan martabat kontestan
Indonesia Idol tersebut pada tayangan tertanggal 25 Maret 2012 di Televisi
Swasta atau RCTI pukul 13:00 siang. (http://www.google.co.id/amp/m.tribunnews.com/amp/seleb/2012/04/04/rendahkan-martabat-manusia-juri-indonesia-idol-dilaporkan,
diunduh pada, Minggu 4 Maret 2018, pukul 16:19 WIB).
Teks diatas
merupakan contoh kasus perendahan martabat manusia. Contoh perendahan martabat
manusia yang ada disekitar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
adalah kecuali ...
a. bertindak
semena-mena terhadap teman di sekolah karena tidak menuruti keinginan kita.
b. merasa
diri paling pintar dan hebat, sehingga menggap teman yang ada disekitar kita
paling rendah.
c. memperlakukan
karyawan di sekolah seperti budak, tenaga diperas dan diberi upah yang tidak
wajar.
d. mencontek
pada saat Ulangan Akhir Semester, agar mendapatkan hasil yang bagus.
12. “Roni anak kelas
IX yang pada saat ini mengikuti Ujian Nasional di sekolah Harapan Jaya 01.
Setiap mata pelajaran yang di ujikan dalam Ujian Nasional, ia menggunakan cara
yang tidak jujur, contohnya dia membawa
HP saat ujian berlangsung dan HP tersebut digunakan untuk melihat materi-materi
Ujian Nasional yang sedang diujikan. Bahkan dia berkomunikasi melalui SMS
dengan temannya yang beda sekolah untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang
Roni tanyakan.”
Dari peristiwa
tersebut, Roni mengambil sikap tidak jujur saat mengerjakan UN. Seandainya
ketika kita mengambil keputusan tidak jujur seperti Roni saat mengerjakan UN,
perasaan yang muncul akibat ketidak jujuran yang kita lakukan adalah ...
a. ragu-ragu
dulu, baru setelah itu merasa biasa.
b. diawali
dengan ragu-ragu, kemudian menyenangkan.
c. takut,
resah, cemas, dan gelisah
d. cemas,
gelisah dan akhirnya membahagiakan.
13. Media massa dan
media elektronik banyak menyampaikan berbagai berita tentang kerusakan alam
yang menyebabkan bencana alam, seperti yang terjadi di daerah Ponorogo yaitu
bencana tanah longsor yang disebabkan oleh penebangan liar yang dilakukan
masyarakat sekitar. Hal tersebut terjadi tentunya ulah manusia yang tidak
bertanggung jawab terhadap kelestarian alam. Maka usaha yang dapat kita lakukan
sebagai manusia untuk melestarikan alam tersebut adalah ...
a. reboisasi
b. tidak
membuang sampah sembarangan
c. tidak menggunakan
sumber daya alam berlebihan
d. tidak
menggunakan bahan-bahan kimia
14. Peran Roh Kudus dalam peristiwa
Pentakosta adalah…
a. memberikan
jaminan keselamatan dan kehidupan kekal
b. memberikan
daya hidup baru
c. mengampuni
semua dosa-dosa kita
d. mempengaruhi
hidup manusia
15. Sikap Yesus yang dapat kita teladani
dalam menghadapi sengsara dan wafat-Nya
yaitu…
a. solider
terhadap orang yang percaya kepada Yesus saja
b. rela
menderita dalam menunaikan tugasNya sampai akhir hayatNya
c. rela
menderita dan sengsara karena kesalahanNya sendiri
d. rela
menderita karena yakin akan mendapat kekuasaan
16. Sikap Yesus saat menghadapi sengsara dan
wafatnya yaitu…
a. Yesus
menyerahkan seluruh hidupNya secara total kepada kehendak Allah
b. Yesus
berputus asa dan meninggalkan murid-muridNya
c. Yesus
merasa takut dan gemetar kemudian bersembunyi
d. Yesus
marah dan mengutuk mereka yang telah menuduhnya menghujat Allah
17. Memberitakan kabar baik kepada sesama
manusia tidaklah mudah. Banyak orang yang menerima juga yang menolak kabar
baik. Sikap kita terhadap mereka yang menolak pewartaan kita adalah….
a. marah
dan membalas perbuatan jahat mereka
b. berdoa
kepada Tuhan agar mendapat kesusahan
c. sabar,
tidak berputus asa, penuh kasih dan menyerahkan kepada kehendak Bapa
d. mengutuk
mereka yang menolak agar sengsara dalam hidupnya
18. Bacalah teks KHK art 150!
Iman
adalah ikatan pribadi manusia dengan
Allah dan sekaligus, tidak terpisahkan dari itu, persetujuan secara
bebas terhadap segala kebenaran yang diwahyukan Allah. Sebagai ikatan pribadi
dengan Allah dan persetujuan terhadap kebenaran yang diwahyukan Allah, iman
Kristen berbeda dengan kepercayaan yang diberikan kepada seorang manusia.
Menyerahkan diri seluruhnya kepada Allah, dan mengimani secara absolut apa yang
Ia katakan adalah tepat dan benar. Sebaliknya adalah sia-sia dan salah
memberikan kepercayaan yang demikian itu kepada seorang makhluk.
Berdasarkan teks
tersebut, makna hidup beriman sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
adalah ...
a. hidup beriman
merupakan penyerahan diri secara total kepada Allah. Maka dengan penyerahan
diri secara total, Allah berkehendak untuk
menyelamatakan manusia agar hidupnya bahagia. Beriman juga tidak hanya sekedar
tahu, tetapi berani melakukan apa yang
diketahui dan percayai.
b. hidup
beriman merupakan penyerahan diri secara total kepada Allah. Maka dengan
penyerahan diri secara total, Allah berkehendak memberikan hukuman kepada
manusia agar hidup yang dijalaninya semakin menderita, kesusahan, dan banyak
sekali kesedihan yang mewarnai dalam hidupnya.
c. Hidup
beriman merupakan anugerah Allah yang harus diterima manusia. Dengan anugerah
yang diterima manusia, rasa kesombongan harus dipupuk agar menjadi manusia yang
berakal budi baik. Beriman menjadikan manusia semakin angkuh terhadap
sesamanya.
d. Hidup
beriman merupakan penyerahan diri secara total kepada Alla. Sebab Allah telah
berkehendak di dalam hidup manusia. Beriman juga tidak sekedar tahu, melainkan
memaksakan kehendak orang lain untuk mengimani agama yang dianutnya.
19. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar yang ditampilkan merupakan
perwujudan 4 tugas gereja pada bidang ...
a. peribadatan
b. pelayanan
c. pewartaan
d. persekutuan
20. Amati gambar berikut!
Perbutan yang tepat di lakukan untuk
meneladan tindakan yang di tampilkan dalam gambar adalah ...
a. mengunjungi
teman yang sakit bila ada waktu
b. menerima
orang lain apa adanya
c. membantu
teman yang sakit karena teman dekat
d. membantu
taman yang mengalami kesulitan
21. Salah satu peran Roh Kudus dalam kehidupan
jemaat Perdana adalah ...
a. berani
memberikan kesaksian tentang Kerajaan Allah
b. bertekun
dalam pengajaran Roh Kudus
c. melakukan
berbagai mujizat
d. mengadakan
perjamuan bersama Yesus
22. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Pemimpin Gereja sebagai pengganti
para rasul
(2) Pemimpin Gereja lokal
(3) Berwenang memilih Paus Baru
(4) Menggembalakan umat beriman
Dari pernyataan tersebut diatas,
menunjukkan perang anggota Gereja sebagai ...
a. kaum
biarawan/wati
b. kaum
klerus
c. kaum
awam
d. kaum
religius
23. Berikut kutipan Surat Yakobus 2 : 17-18 :
“Demikian juga
halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada
hakekatnya adalah mati. Tetapi mungkin ada orang berkata:
"Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia:
"Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu iman dari perbuatan-perbuatanku.”
Berdasarkan teks tersebut,
contoh mewujudkan iman dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
a. belajar
jujur
b. aktif
dalam kegiatan OSIS
c. membantu
teman kesulitan ketika ulangan
d. aktif
mengikuti kegiatan
24. Bacalah teks Kis. 2 : 41 – 47 berikut!
Orang-orang
yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu
jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul
dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan
banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang
yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah
kepunyaan bersama, dan selalu ada
dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua
orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan
bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir
dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji
Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan
tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka
dengan orang yang diselamatkan.
Berdasarkan teks tersebut,
salah satu perwujudan iman yang bersifat sosial adalah ...
a. orang
yang percaya di baptis
b. berkumpul
memecahkan roti
c. segala
kepunyaan mereka menjadi kepunyaan bersama
d. menjual
harta miliknya.
25. Bacalah Nostra Aetate art. 2 berikut!
“Gereja Katolik tidak menolak apapun yang dalam agama-agama itu serba
benar dan suci. Dengan sikap hormat yang tulus Gereja merenungkan cara-cara
bertindak dan hidup, kaidah-kaidah serta ajaran-ajaran, yang memang dalam
banyak hal berbeda dari apa yang diyakini toh dan diajarkannya sendiri. Tetapi
tjarang memantulkan sinar kebenaran yang menerangi semua orang”
Dari kutipan di atas, sikap Gereja
Katolik terhadap agama dan kepercayaan lain adalah ...
a. menolak
adanya kebenaran agama dan kepercayaan lain
b. memberi
penghormatan kepada agama dan kepercayaan lain
c. menerima
dengan syarat ajaran dan kebenaran agama dan kepercayaan lain
d. menerima
ajaran dan kebenaran suci dari agama dan kepercayaan lain
Selamat mengerjakan
~ smg scs ~
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------LATIHAN SOAL AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI KELAS 9
Pilihan Ganda
1. Semua orang yang dipanggil untuk menjadi anggota Gereja Katolik adalah ....
a. karena pilihannya sendiri
b. karena ingin menjadi jemaat Gereja
c. atas kehendal Allah yang ingin menyelamatkan manusia
d. atas Ilham Roh Kudus
2. Manusia menjawab panggilan Allah dengan ....
a. Iman dan beragama c. menyebut nama Tuhan Yang Maha Tinggi
b. melihat keagungan dan kebesaranNya d. berbuat baik
3. Setiap saat Allah menyapa manusia dengan kasihNya untuk ….
a. menghibur umat manusia
b. mengantar manusia mengalami keselamatan
c. mendampingi hidup manusia
d. menolong manusia yang lemah
4. Kehadiran Allah yang menyelamatkan pada umumnya dipahami sebagai ….
a. Pewahyuan Allah c. Rahmat Allah
b. Karunia Allah d. Anugerah Allah
5. Seluruh kepenuhan Allah ada dan tinggal dalam ....
a. para Nabi utusan Allah c. hidup para Rasul
b. diri murid-murid Yesus d. diri Yesus Kristus
6. Yesus menjadi tanda agung kasih Allay yang menyelamatkan maka kita ….
a. mau diselamatkan
b. menjadi sarana bagi keselamatan orang lain
c. memberi keselamatan
d. membuat orang selamat
7. Manusia mempunyai agama karena memiliki kerinduan untuk ….
a. berjumpa dengan Tuhan
b. menyapa nama Tuhan
c. mengasihi Tuhan
d. menggantungkan hidupnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
8. Hidup beragama sesungguhnya harus didasarkan pada dorongan dari ….
a. dalam untuk mencari kebenaran c. Allah yang selalu hadir
b. orang lain yang menuntunnya d. pengaruh lingkungan
9. Beragama yang benar harus menjadikan agama sebagai ….
a. pedoman hidup yang dihayati sehari-hari
b. sumber kekuatan dalam menjalani hidup
c. kunci keutamaan hidup
d. arah dan tujuan hidup di dunia
10. Gereja Katolik berkeyakinan bahwa melalui agama Allah dikenal sebagai pencipta dan penyelenggara dan manusia ....
a. dapat mengenal sang pencipta
b. memperoleh keselamatan sejati dari Allah
c. menemukan sumber keutamaan hidup
d. mengalami kebahagiaan
11. Trihari suci merupakan perayaan agma Katolik menjelang hari Paskah ….
a. Rabu Abu, Kamis Putih, Minggu Paska
b. Kamis Putih, Jum’at Agung, Sabtu Suci
c. Minggu Palma, Kamis Putih, Jumát Agung
d. Jumát Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah
12. Penghayatan hidup beragama telah dilakukan oleh para Rahib dibiara Tropis dengan cara ....
a. bekerja setiap hari dan memuji Allah
b. hidup dalam keheningan di tempat yang sunyi
c. Pagi-pagi benar menyapa Sang Pencipta dalam Doa, Pujian, Bacaan Suci, Meditasi
d. mendasarkan doa dan mazmur dalam keheningan alam
13. Cara hidup para Rahib atau pertapa itu ingin menunjukkan ....
a. memberi kesaksian akan keagungan Allah
b. kehidupan yang baik dan sempurna
c. alam yang diberikan Tuhan dapat menjadi saudara
d. persahabatan antara manusia dan alam semesta
14. Abraham tokoh perjanjian lama mendapat julukan Bapa orang beriman ….
a. Abraham orang yang hidupnya saleh
b. Abraham dan istrinya diberi usia panjang
c. Abraham mau mengikuti kehendak Allah dengan meninggalkan negerinya dan mengurbakan anaknya
d. Abraham berhasil menuju ke tanah terjanji
15. Santo Yakobus mengingatkan bahwa seseorang yang beriman maka ....
a. dia akan berbuat kasih kepada sesamanya
b. dia akan selalu beribadah dimana-mana
c. mampu berdoa dengan kalimat yang panjang
d. mau mengalah untuk mendapatkan kemenangan
16. Orang beriman membangun hubungan bersama dengan Allah melalui ....
a. kunjungan pada keluarga Kristiani
b. mewartakan Injil atau kabar gembira
c. berziarah ke tempat orang kudus
d. beribadah, pantang dan puasa atau mati raga
17. Umat Katolik menghayati hidup beriman pada masa prapaska dengan ….
a. mengumpulkan sembako untuk aksi sosial
b. pantang puasa, jalan salib, aksi puasa pembangunan dalam pendalaman Iman
c. jalan salib sampai 14 perhentian
d. berpuasa dan berpantang selama 40 hari - 40 malam
18. Orang beriman hidupnya tidak merasa khawatir dan was-was karena ….
a. mempunyai banyak saudara c. selalu berpikir positif
b. dekat dengan Allah d. tidak mempunyai musuh atau dimusuhi
19. Setiap orang Kristiani harus beriman kepada Kristus dalam Yohanes 14 : 6 bahwa ....
a. Kristus adalah pokok dan kita carangnya
b. Kristus merupakan roti yang hidup
c. Kristus adalah jalan kebenaran dan kehidupan
d. Kristus anak domba Allah
20. Iman yang kita miliki ini harus ....
a. diungkap dengan benar c. dibiarkan saja
b. dinyatakan dalam perbuatan d. dikembangkan dan diperjuangkan
21. Seorang yang beriman adalah seorang yang religius artinya ….
a. seorang yang menyandarkan hidupnya pada Kristus dan menyadari karya keselamatan Kristus dalam hidup sehari-hari
b. seorang yang selalu berbuat baik pada orang lain
c. orang yang path dan taat menjalankan agamanya
d. orang yang penuh percaya pada Allah Yang Maha Tinggi
22. Dalam Matius 7 : 21 Yesus bersabda, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku Tuhan, Tuhan ! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga melainkan ….
a. mereka yang selalu menuruti kehendakKu
b. dia yang setia pada perkataanKu
c. dia yang melakukan kehendak BapaKu yang disorga
d. mereka yang bersaksi tentang firmanKu
23. Gereja Katolik mempunyai penghayatan Iman tentang Sakramen baptis yaitu ....
a. seseorang diterima menjadi warga gereja
b. seseorang dimeterai nama yang baru
c. seseorang dilahirkan kembali dan dilantik menjadi putra-putri Allah
d. seseorang dihimpun dalam gereja seara resmi
24. Umat Katolik menerima Sakramen-Sakramen adalah sebagai ....
a. tanda kehadiran bagi umatNya
b. sarana dimana Tuhan ingin menyelamatkan umatNya
c. lomba kedatangan Kristus di dunia
d. karunia Allah yang Kudus
25. Persekutuan umat dengan gerejanya diharapkan bersatu dalam ….
a. peribadatan di lingkungan
b. puji-pujian syukur
c. persaudaraan cinta kasih
d. doa, pelayanan, dan kesaksian
26. Dalam Gereja Katolik kita mengenal Hierarki yaitu ....
a. susunan kepemimpinan gembala-gembala Gereja
b. susunan pengurus Dewan Paroki dalam Gereja
c. pemimpin tertinggi gembala Gereja
d. Gereja dipimpin oleh gembala
27. Susunan Hierarki Gereka Katolik yang benar adalah ....
a. Pastur - Imam - Uskup - Paus c. Diakon - Awam - Prodiakon - Imam
b. Paus - Uskup - Pastur - Diakon d. Uskup - Pastur - Diakon- Paus
28. Para Calon Baptis datang ke Gereja minta dibaptis karena ….
a. ingin mendapat nama dari Santo atau Santa
b. didorong oleh Roh Kudus
c. mau menjadi warga Gereja yang baru
d. tertarik dengan khotbah Romo
29. Pengetahuan Iman akan Tuhan penting bagi umat Kristiani agar semakin mampu ….
a. berbuat kasih sesuai ajaran Yesus
b. menghafal banyak doa-doa
c. menjadi pewarta kerajaan Allah
d. mempertanggungjawabkan Imannya
30. Pendiri Gereja itu sebenarnya adalah ....
a. Santo Petrus Rasul Yesus yang pertama
b. Santo Paulus Rasul Agung Jaman Gereja Purba
c. 12 murid Yesus dan Gereja Perdana
d. Allah sendiri melalui Yesus Kristus
31. Bagi orang Kristiani harta yang paling indah adalah ….
a. talenta b. karunia c. kekayaan d. Iman
32. Usaha mengembangkan Iman tidak haya berdasarkan usaha kita sendiri saja tetapi ….
a. harus ada bimbingan dari Pastor c. perlu membaca buku-buku rohani
b. harus belajar pada guru agama d. perlu bantuan dan campur tangan Allah
33. Dalam Injil Lukas 17 : 6 dikatakan “Kalau sekiranya kamu mempunyai Iman ….
a. sebesar biji gandum saja c. selebar daun sirih
b. sebesar biji sesawi saja d. selembar daun ara
34. Para Rasul merasa kesulitan dalam usaha mengembangkan Imannya maka mereka mohon pada Yesus (Lukas 17 : 5) ….
a. menanamkan Iman kepada mereka c. “Tambahkanlah Iman Kami
b. memberi Iman yang benar d. “Kuatkanlah Iman Kami
35. Seorang yang telah dibaptis memakai nama Santo/Santa Pelindung agar ….
a. kehidupannya meneladan Santo dan Santa
b. mempunyai nama baru yang bagus
c. Kelihatan sebagai orang Kristiani
d. diakui oleh gereja Katolik
36. Sikap kehidupan Bapak IJ Kasimo patut kita teladani yaitu ....
a. selalu lulus dari sekolahnya dengan nilai baik
b. kesederhanaannya yang selalu memihak rakyat kecil
c. berani melawan penjajah
d. mau bergaul dengan orang-orang gereja saja
37. Yosafat Sudarso Pahlawan Katolik yang gugur di Pulau Aru, Ia terkenal karena ….
a. berani membawa pasukannya sampai ke laut
b. tidak mengenal lelah dalam perjuangannya
c. rela berkurban demi mempertahankan negerinya Indonesia
d. menjaga kepulauan Indonesia dengan sungguh-sungguh
38. Ibu Theresa dari Kalkuta India bekerja untuk mengurus dan memungut orang-orang jalanan maka mendapat julukan ….
a. Malaikat jaman Modern c. teladan orang beriman
b. orang suci masa kini d. Rasul Jembel
39. Musa dipilih oleh Allah mendapatkan tugas dari Allah ….
a. membebaskan bangsa Israel dari penindasan bangsa Mesir, atas penyertaan-Nya
b. menerima 10 perintah Allah di gunung Sinai
c. membuat mukjizat tongkat menjadi ular
d. membangun Bait Allah, rumah Doa
40. Daud dapat mengalahkan Goliat raksasa dari Filistin karena ….
a. membawa senjata ketapel dan batu
b. pernah membunuh singa dan serigala di padang gurun
c. dia percaya bahwa Tuhan menyertainya
d. dibantu oleh saudara-saudaranya
41. Yohanes Pembaptis menjadi pembuka jalan bagi kedatangan Yesus, maka Ia berseru ….
a. Datanglah padaku dan percayalah pada Injil
b. Beritakanlah Injil Tuhan
c. Bertobatlah sebab kerajaan surga sudah dekat
d. Bertobatlah dan percayalah pada khabar gembira
42. Seorang uskup yang menjadi tokoh Gereja dan mendapat gelar Pahlawan Nasional ….
a. Mgr Leo Sukoto SY
b. Mgr Kardinal Yustinus Darmoyuwono Pr
c. Mgr Aloysius Joyosiswoyo Pr
d. Mgr Albertus Sugiyopranoto Sy
43. Cara hidup jemaat Perdana menjadi model umat Katolik yaitu ….
a. berkumpul bersama secara bergilir, makan bersama dengan gembira dan dengan tulus hati
b. membangun Bait Allah dengan cara bergantian
c. membuka lahan baru untuk pembangunan gereja
d. menyediakan tempat untuk kegiatan rohani
44. Sikap hidup jemaat perdana disukai semua orang maka ….
a. mereja menjai kaya raya
b. tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan
c. Tuhan memberi kelimpahan harta
d. mereka tidak pernah mengalami kesusahan
45. Gereja memberi kesempatan pada umat di lingkungan untuk mengembangkan Iman ….
a. mengikuti kerja bakti di gereja setiap Jumát terakhir
b. membersihkan alat-alat liturgi
c. membaca buku-buku rohani
d. mengikuti pendalaman Iman masa Prapaska dan masa Adven
II. Essay
46. Sebutkan faktor yang menghambat kegiatan pengembangan Iman !
47. Sebutkan ciri-ciri hidup jemaat Perdana
48. Mengapa manusia harus beragama ?
49. Sebutkan apa saja yang dilakukan oleh para Rahib di Biara Tropis Rawaseneng dalam mendekatkan
diri pada Allah sang Pencipta !
50. Dengan beriman berarti mempercayakan hidup kepada Allah dan dengan berIman kita memiliki apa saja dalam kehidupan ini ?
DOKUMEN NEGARA
|
SANGAT RAHASIA
|
TRY
OUT UJIAN
SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
L E M B A
R S O A L
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
KODE SOAL :
K – 13 / P-1
KURIKULUM :
2013
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
HARI/TANGGAL :
WAKTU : 120 MENIT
PETUNJUK UMUM:
1. Tulislah
dahulu nomor peserta dan nama Anda pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang
telah disediakan.
2. Periksa
dan bacalah soal-soal lebih dahulu sebelum Anda menjawab.
3. Jumlah
soal sebanyak 40
butir pilihan ganda dan 5 butir uraian semuanya
harus dijawab.
4. Laporkan
kepada Pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, ada yang rusak atau
jumlah soal kurang.
5. Kerjakan
lebih dahulu soal-soal yang Anda anggap mudah.
6. Kerjakan
pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang telah disediakan dengan menggunakan
”pensil 2B”.
7. Hitamkan
dengan pensil 2B pada lingkaran di bawah huruf jawaban yang Anda anggap paling
tepat atau paling benar.
Contoh:
A B C D E
8. Apabila
ada jawaban yang Anda anggap salah dan Anda ingin membetulkannya, hapuslah
jawaban tadi dengan karet penghapus yang baik sampai bersih kemudian hitamkan
pada lingkaran yang Anda anggap benar.
Contoh:
Pilihan semula
A B C D E
Dibetulkan menjadi
A B C D E
a. Untuk soal nomor 1 s.d. 40 hitamkan pada huruf A, B, C, atau
D pada jawaban yang paling benar pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Di bawah ini adalah ciri manusia sebagai citra
Allah, yaitu....
a.
Manusia melakukan apa yang menjadi kehendaknya
b.
Manusiamemberi
diri untuk sama dengan Allah
c.
Manusiamembuat
karya yang besar agar bisa berkuasa
d.
Manusiameneladan
Allah sebagai sumber keselamatan
2. Bacalahtekstersebut!
20Hamba yang
menerimalimatalentaitudatangdaniamembawa lima talenta, katanya: Tuan, lima
talentatuanpercayakankepadaku; lihat, akutelahberoleh lima talenta.
21Maka kata tuannyaitukepadanya:
Baiksekaliperbuatanmuitu, haihambaku yang baikdansetia;
engkautelahsetiadalamperkarakecil,
kuakanmemberikankepadamutanggungjawabdalamperkara yang besar.
Masuklahdanturutlahdalamkebahagiaantuanmu. (Mat 25;20-21)
Bagaimana
tanggapanmu tentang tokoh tuan yang ada dalam teks tersebut?
a. Tokoh tersebut
sangat senang terhadap hamba yang mampu menyelesaikan tugasnya
b. Tokoh tersebut
memuji hamba yang melaksanakan
tangungjawab dengan baik serta menjanjikan sebuah kebahagiaan
c. Tokoh tersebut memberi
hadiah kepada hamba yang mengandakan talenta
d. Tokoh tersebut
bersyukur atas pekerjaan yang diberikan
dan dapat dilaksanakn degan baik
3.
Bagaimana
cara mengembangkan kemampuan yang kamu miliki?
a.
Menyertakan
Tuhan didalam setiap usaha
b.
Berlatih
terus menerus tanpa takut salah
c.
Selalu
semangat dan tidak mudah putus asa
d.
Menjadi
teman yang baik bagi semua orang
4.
Di
bawah ini adalah contoh tindakan mansuia:
1
|
Membuang
sampah pada tempatnya supaya tidak terjadi banjir
|
2
|
Menjadi teman
yang baik bagi sesama seiman dan satu kelas
|
3
|
Mengolah alam
dengan bijaksana untuk kelestarian lingkungan
|
4
|
Mengunakan
kebebasan yang diberikan Allah dengan bijaksana
|
5
|
Memanfaatkan
alam ciptaan sesuai dengan kebutuhan pribadi kita
|
contoh
perwujudan syukur manusia yang telah diciptakan secitra dengan Allah dalam
kehidupan sehari-hari adalah ....
a.
1-2-3
b.
2-3-5
c.
1-4-5
d.
1-3-4
5.
Sebagai
citra Allah manusia diciptakan sebagai perempuan dan laki-laki, dan mereka
dipanggil untuk mengembangkan diri sesuai dengan kodratnya. Di bawah ini adalah
cara yang tempat untuk mengembangkan diri sebagai laki-laki sejati yaitu…
a. Mengikuti ajang
perlombaan memasak.
b. Menjadi karyawan
pabrik yang baik.
c. Menjadi
pelindung bagi saudara-saudaranya.
d. Membuat badannya
menjadi kekar.
6.
Bacalah Katekismus
Gereja Katolik Artikel 372 berikut ini!
Pria dan wanita diciptakan "satu untuk yang lain",
bukan seakan-akan Allah membuat mereka sebagai manusia setengah-setengah dan
tidak lengkap, melainkan Ia menciptakan mereka untuk satu persekutuan pribadi,
sehingga kedua orang itu dapat menjadi "penolong" satu untuk yang
lain, karena di satu pihak mereka itu sama sebagai pribadi ("tulang dari
tulangku"), sedangkan di lain pihak mereka saling melengkapi dalam
kepriaan dan kewanitaannya. Dalam perkawinan Allah mempersatukan mereka
sedemikian erat, sehingga mereka "menjadi satu daging" (Kej 2:24) dan
dapat meneruskan kehidupan manusia: "Beranak-cuculah dan bertambah
banyaklah; penuhilah bumi" (Kej 1:28). Dengan meneruskan kehidupan kepada
anak-anaknya, pria dan wanita sebagai suami isteri dan orang-tua bekerja sama
dengan karya Pencipta atas cara yang sangat khusus.
Di
bawah ini adalah contoh tindakan dalam mengembangkan diri sebagai perempuan dan
laki-laki berdasarkan kutipan tersebut, yaitu ....
a.
Pria
dan wanita atau suami istri saling bekerjasama dalam mendidik anak-anaknya
sesuai dengan peran mereka masing-masing.
b.
Pria
dan wanita sama-sama bekerja keras untuk saling menghasilkan uang yang banyak
dalam memenuhi kebutuhan hidup
c.
Pria
dan wanita menjadi tumpuan hidup dalam proses kebersamaan di setiap peristiwa
yang ada di dunia ini sehingga mereka adalah pusat hidup.
d.
Pria
dan wanita saling menguasai dalam melaksanakan tugas kewajibannya untuk saling
mengaktualisasikan diri di setiap kehidupan.
7.
Di
bawah ini contoh tindakan yang dilakukan oleh para remaja dalam mengembangkan
diri sebagai perempuan atau laki-laki di lingkungan sekitar. Kecuali...
a.
Tina
mengikuti lomba memasak di RT dalam rangka merayakan HUT RI
b.
Roni
membantu Ibu membawakan satu karung
beras untuk di jual di pasar
c.
Sinta
membuat permainan masa kecil sebagai salah satu bentuk kepedulian pelestarian
budaya
d.
Galih
membuat kerajinan meja untuk tugas mata pelajaran Prakarya.
8. Bacala teks Lukas 2;41-47 berikut ini!
2:41 Tiap-tiap
tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. z 2:42 Ketika
Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang
lazim pada hari raya itu. 2:43 Sehabis
hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di
Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. 2:44 Karena
mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka,
berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum
keluarga dan kenalan mereka. 2:45 Karena
mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari
Dia. 2:46 Sesudah
tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di
tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. 2:47 Dan
semua orang yang mendengar Dia sangat heran a akan kecerdasan-Nya dan segala jawab
yang diberikan-Nya. 2:48 Dan
ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya b kepada-Nya:
"Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu c dan
aku dengan cemas mencari Engkau." 2:49 Jawab-Nya
kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa
Aku harus berada di dalam rumah d Bapa-Ku?" 2:50 Tetapi
mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka. e 2:51 Lalu
Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; f dan
Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di
dalam hatinya. g 2:52 Dan
Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya 1 dan
besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. h
Contoh kewajiban orang tua dalam mendidik
anak-anak sesuai dengan kutipan tersebut adalah?
a. Mencari, memberikan nasehat serta mengasuhnya
dengan penuh kasih
b. Selalu memarahi jika anak melakukan kesalahan
dan mengajaknya pulang
c. Memberitahu kepada semua orang bahwa anak yang
diasuhnya itu penuh berkat
d. Mencintai anak-anaknya dan memberikan semua
yang dia butuhkan
9. Panca Tugas Gereja dalam Gereja Katolik adalah
Liturgia, Kerygma, Koinonia, Martyria, dan Diakonia, Jika kita mengikuti
perayaan Ekaristi kita sudah ambil bagian dalam tugas gereja yang....
a. Koinonia
b. Diakonia
c. Liturgia
d. Kerygma
10.
Bacalah
penggalan teks GS Art 25 beriku!
Dari sifat sosial
manusia nampaklah, bahwa pertumbuhan pribadi manusia dan perkembangan
masyarakat sendiri saling tergantung. Sebab asas, subjek dan tujuan semua
lembaga sosial ialah dan memang seharusnyalah pribadi manusia; berdasarkan
kodratnya ia sungguh-sungguh memerlukan hidup kemasyarakatan[44].
Maka karena bagi manusia hidup kemasyarakatan itu bukanlah suatu tambahan
melulu, oleh karena itu melalui pergaulan dengan sesama, dengan saling berjasa,
melalui dialog dengan sesama saudara, manusia berkembang dalam segala
bakat-pembawaannya, dan mampu menanggapi panggilannya.
10. Apa
pengaruh masyarakat bagi perkembangan diri kita berdasarkan teks tersebut?
a. Masyarakat sangat mempengaruhi tingkah laku
kita dalam menyampaikan Sabda Tuhan dalam hidup sehari-hari.
b. Manusia dalam perkembangannya tidak terlepas
dari masyarakat karena manusia adalah bagian dari masyarakat
c. Tuhan menciptakan manusia sebagai makluk
sosial yang saling mempertimbangkan dan saling mengerti satu sama lain.
d. Pertumbuhan pribadi manusia dan masyarakat saling
bergantung satu sama lain agardimampukan untuk menanggapi panggilannya.
11. Bacalah teks berikut :\
13.Jauhkanlah diri dari para musuhmu, tetapi berhati-hatilah terhadap
para sahabatmu.14.Sahabat setiawari merupakan perlindungan yang kokoh,
barangsiapa menemukan orang serupa itu sungguh mendapat harta.15.Sahabat
setiawan tiada ternilai, dan harganya tidak ada tertimbang.16.Sahabat setiawan
adalah obat kehidupan, orang yang takut akan Tuhan memperolehnya.17.Orang yang
takut akan Tuhan memelihara persahabatan dengan lurus hati, sebab seperti ia
sendiri demikianpun temannya.
Apa makna
persahabatan berdasarkan teks tersebut?
a.
Persahabatan
adalah perlindungan yang kokoh yang tak ternilai harganya serta obat kehidupan,
orang yang takut akan Allah akan memperolehnya dan memelihra persahabatan
dengan lurus hati
b.
Persahabatan
mengandaikan kejujuran dan keberanian untuk rela berkurban bagi sesama
c.
Persahabatan
harus didasarkan pada kebenaran dan bukan oleh ikatan apapun baik ikatan darah,
ikatan fungsional maupun ikatan ikatan yang lain.
d.
Persahabatan
bagi semua orang yang didasari oleh cinta kasih dan pengharapan yang besar pada
penyelenggaraan Ilahi
12. Perhatikan data di bawah ini (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/viewFile/26269/24055)
Berdasakan data di
atas perilaku berpacaran yang sehat adalah....
a. Mengobrol
b. Berciuman
c. Bersentuhan
d. Bergandengan
13. Bacalah teks tersebut!
Tetapi
Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. 8:7 Dan
ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu
berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa 1 ,
hendaklah ia yang pertama melemparkan batu z kepada
perempuan itu. a " 8:8 Lalu
Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. 8:9 Tetapi
setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang,
mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan
itu yang tetap di tempatnya. 8:10 Lalu
Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di
manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" 8:11 Jawabnya:
"Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak
menghukum engkau 2 . b Pergilah,
dan jangan berbuat dosa lagi c mulai
dari sekarang."
Apa makna kesederajatan perempuan dan laki-laki berdasarkan teks
tersebut di atas?
a. Memberikan kesempatan yang sama kepada
laki-laki dan perempuan untuk dapat berkembang dan mengaktualisasikan diri.
b. Wanita dipandang tidak sederajat dengan pria karena
yang melakukan dosa pria dan wanita tetapi yang dihukum wanita saja.
c. Yesus mencoba untuk membela wanita yang
kedapatan berbuat dosa untuk dibenarkan dalam sebuah aturan.
d. Pria dipandang lebih rendah oleh Yesus karena
mereka semua akan menghukum wanita yang berbuat dosa.
14. Di bawah ini adalah ciri-ciri pribadi Yesus
Kristus!
b. Yesus berbelas kasih, Yesus Sang pendoa, Yesus
sang pengampun
c. Yesus berbelas kasih, Yesus Sang Pemuji, Yesus
sang pengampun
d. Yesus membenarkan orang yang berdosa, Yesus
Sang pendoa, Yesus sang pengampun
15. Dalam bangsa Yahudi ditemukan beberapa paham tentang
mana Kerajaan Allah. Paham Kerajaan Allah yang beranggapan bahwa Kerajaan
Allah akan tercapai bila Allah menunjukan
kuasanya dengan menggoncangkan langit dan bumi. Hal tersebut bisa dipahami
Kerajaan Allah bersifat....
a. Politis
b. Sakramentologis
c. Apokaliptis
d. Yuridis Religius
16. Cara Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah agar
mudah dimengerti dan dipahami oleh pendengar dengan mengunakan....
a. Merumpamaan
b. Peribahasa
c. Poster
d. Cerita para Nabi
17. Bacalah teks di bawah ini!
Ya
Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini1 z dari pada-Ku; tetapi
bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.a "(Luk 22;42)
Jelaskan
sikap Yesus dalam menghadapi sengsaranya berdasarkan teks tersebut?
a. Selalu bersyukur dalam perkara yang sulit
sekalipun
b. Selalu mengutamakan kepentingan umum daripada pribadi.
c. Berserah diri pada kehendak Bapa yang telah
mengutusNya
d. Berdoa dan selalu merendahkan hati pada sesama
18. Bacalah teks di bawah ini!
17 Akan terjadi
pada hari-hariterakhir -- demikianlahfirman Allah --
bahwaAkuakanmencurahkanRoh-Ku keatassemuamanusia; makaanak-anakmulaki-laki dan
perempuanakanbernubuat, dan teruna-terunamuakanmendapatpenglihatanpenglihatan,
dan orang-orangmu yang tuaakanmendapatmimpi.Kis 2;17)
Jelaskan
peranan Roh Kudus berdasartekstersebutadalah….
a. Memmpunyaikemampuanuntukbernubuat
b. MempunyaikemampuanuntukberbahasaRoh
c. Mempunyaikemampuanuntukbersabda
d. Mempunyaikemampuanuntukmengajar
19. Jelaskan arti karunia Roh Kudus tentang
“Karunia Nasehat”!
a. Memampukan kami menikmati buah dari pohon
kehidupan
b. Guna mencerahkan akal budi kami
c. Memampukan kami untuk mengikuti jejak
langkah-Mu
d. Guna menghadapi serangan gencar hidup kami
20. Perhatikan teks di bawah ini!
Tunjukan contoh
tindakan berbelas kasih dalam hidup sehari-hari, seperti terdapat dalam gambar!
a.
Memberi
santunan pada orang tua yang ada di jalan raya
b.
Membantu
membawa barang bawaan orang yang membutuhkan
c.
Memberi
bantuan sembako kepada orang miskin yang ada di jalan
d.
Membuat
bazar untuk orang-orang yang tidak mampu
21. Bacalah teks berikut!
Kemudian datanglah Petrus dan
berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni
saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus
berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali,
melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
(Matius 18 : 21 - 22)
(Matius 18 : 21 - 22)
Sikap mengampuni dalam hidup
sehari-harisesuai dengan teks
di atas adalah...
a. Mengampuni tanpa batas
b. Mengampuni dengan tulus
c. Mengampuni dengan senang hati
d. Mengampuni dengan cinta kasih
22. Bacalah teks tersebut!
Tuaian memang banyak
, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian,
supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu., Pergilah, sesungguhnya
Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala
Dari teks tersebut
apa makna tugas perutusan sebagai murid Kristus ?
a. Tugas untuk mewartakan injil dalam setiap
kesempatan dan setiap hari
b. Tugas perutusan yang kita terima mengandung
resiko besar dan akan banyak tantangan dan hambatan
c. Tugas untuk selalu percaya akan kehendak Bapa
yang mendamaikan dan terbaik bagi kita
d. Tugas perutusannya untuk selalu berani dan
kuat dalam mewartakan kasih Allah kepada sesama.
23. Unsur-unsur anggota dalam persekutuan Gereja
adalah....
b. Kaum klerus/tahbisan,para dokter dan
suster, kaum awam
c. Kaum klerus/tahbisan, kaum hidup
bakti/biaran-biarawati, kaum awam
d. Katekis dan guru agama, kaum hidup
bakti/biaran-biarawati, kaum awam
24. Ciri gereja dalam syahadat para rasul
adalah....
a. Satu, kudus, katolik dan apostolik
b. Satu, monogami, katolik,kudus
c. Kudus, katolik, dan tak terceraikan
d. Katolik, apostolik, dan kristologi
25. .
Dalamperistiwa pada
gambartersebut
adalah tugas pelayanan gereja dalam bidang....
a.
Liturgia
b.
Koinonia
c.
Diakonia
d.
kerygma
26. Bacalah teks di bawah ini!
....Allah memanggil
untuk menghimpun mereka yang penuh iman mengarahakan pandangan kepada Yesus,
pencipta keselamatan serta dasar kesatuan dan perdamaian. Ia membentuk mereka
menjadi Gereja, supaya bagi semua dan setiap orang menjadi sakramen kelihatan,
yang menandakan kesatuan yang menyelamatkan itu. Gereja yang harus diperluas ke
segala daerah, memasuki sejarah umat manusia, tetapi sekaligus melampaui masa
dan batas-batas para bangsa. Dalam perjalanannya menghadapi cobaan-cobaan dan
kesulitan-kesulitan Gereja diteguhkan oleh daya rahmat Allah, yang dijanjikan
oleh Tuhan kepadanya ... (LG Art 9)
Berikan contoh
tindakan yang mencerminkan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan
teks tersebut!
a. Gereja menjadi bukti bahwa keselamatan terjadi
hanya dalam Kristus Yesus
b. Gereja adalah sakramen kristus dalam kehidupan
bermasyarakat
c. Gereja menjadi tanda dan sarana untuk membawa
kedamaian bagi semua orang
d. Gereja membantu memberikan bantuan ke daerah
yang terkena bencana banjir
27. Perhatikan gambar di bawah ini!
Makna simbol dalam
gambar sakramen baptis (air) tersebut adalah!
a. Mengenakan Kristus
b. Memberi diri sebagai anak Allah
c. dibersihkan dari dosa
d. Penerang dalam kehidupan
28. Dalam perayaan Ekaristi ada saat berdiri,
duduk dan berlutut, perayaan Ekaristi berpuncak pada saat doa syukur Agung.
Sikap apakah yang kita lakukan pada saat doa syukur Agung?
a. Berdiri
b. Berlutut
c. Duduk
d. Menunduk
29. Bacalah cerita di bawah ini!
Rani adalah seorang
gadis desa yang kena PHK, diapun berfikir dengan cepat untuk gadis secantik dia
akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di kota.
Diapun pergi ke kota
dengan berganti-ganti pacar untuk mendapatkan uang dan keperluan dia, orang
tuanya sempat mengirim surat untuk mengingatkan dia supaya segera pulang, tapi
hal itu tidak dihiraukannya.
Pada suatu sore
kebetulan ia melihat sebuah gereja yang mengingatkan dia pada gereja di
desanya, ada rasa hampa yang dirasakan, akhirnya dia memutuskan untuk pulang
dan kembali pada orang tua yang telah mengasihinya. Sesampainya di rumah ia
merasa heran karena pagar dan pintu rumahnya tidak tertutup, padahal hari sudah
larut malam. Ternyata selama dia meninggalkan rumah, pintu dan pagar rumah
tidak pernah ditutup karena kedua orang tuanya yakin bahwa Rani akan kembali.
Ibu dan Bapak Rani menerimanya dengan penuh kasih.
Apa makna pertobatan
dalam cerita di atas!
a. Pertobatan yang tulus akan mendatangkan
kebahagiaan bagi si pendoa
b. Pertobatan harus disertai dengan tindakan yang
nyata dan pasti
c. Peertobatan harus selalu kembali ke gereja
pada masa kecil
d. Allah selalu memberikan kesempatan bagi
hambanya yang mau bertobat.
30. Apa alasan seseorang beragama?
b. Menemukan jawaban, mencari perlindungan,
meneguhkan tata nilai, memuaskan kerinduan akam masa depan yang lebih baik.
c. Menemukan jawaban, mencari kebenaran,
meneguhkan tata nilai, memuaskan kerinduan akan Allah yang menyelamatkan.
d. Menemukan cinta kasih, mencari pengakuan,
meneguhkan tata nilai, memuaskan kerinduan akam masa depan yang lebih baik.
31. Aspek hidup beriman adalah....
a.
Pengalaman
r, penyerahan diri dan pengetahuan iman
melalui agama katolik
b.
Pengalaman
religius, penyerahan total pada agama dan pengetahuan iman
c.
Pengalaman
iman yang hidup, penyerahan iman dan pengetahuan agama
d.
Pengalaman
religius, penyerahan iman dan pengetahuan iman
32. Di bawah ini adalah contoh perwujudan
kewajiban sebagai anggota Gereja!
a.
Membantu
memenuhi kebutuhan Gereja agar tersedia baginya untuk ibadah Ilahi, karya
kerasulan serta amal dan nafkah yang wajar bagi para pelayan rohani.
b.
Menyampaikan
pada para gembala untuk keperluan-keperluan mereka terutama yang rohani dan
harapan-harapan mereka.
c.
Menerima
bantuan rohani dari para gembala untuk
menerima sakramen-sakramen yang ada dalam gereja katolik.
d.
Membantu
umat katolik yang menjadi tanggungan bersama sehingga dapat mengentaskan mereka
dari kemiskinan.
33. Bacalah teks KHK (Kan. 210) dibawah ini!
Semua orang beriman kristiani, sesuai dengan kedu- dukan khasnya, harus
mengerahkan tenaganya untuk menjalani hidup yang kudus dan memajukan
perkembangan Gereja serta pengudusannya yang berkesinambungan.
Apa perwujudan kewajiban berdasarkan teks tersebut?
a.
Turut aktif menyumbangkan tenaga dan kemampuannya
untuk gereja
b.
Selalu terjalin hubungan kesatuan dengan gereja
katolik
c.
Ikut mewartakan karya keselamatan Allah
d.
Mengusahakan tindakan amal kasih baik untuk kehidupan
mengereja maupun untuk sesama
34. Apa saja usaha-usaha yang dapat kita lakukan
untuk memperjuangkan kejujuran?
a.
Mengatakan
sesuai dengan kebenaran kepada semua orang
b.
Menjadi
teladan keterlibatan dalam gereja
c.
Mengatakan
ya jika ya, dan tidak jika tidak
d.
Berkata
dengan sopan dan tidak menyakiti hati
35.
Di bawah
ini adalah contoh tindakan menghargai kemajemukan agama dan kepercayaan lain, kecuali...
a.
Berteman
dengan semua orang tanpa membedakan agama dan kepercayaan
b.
Selalu
berpandangan positif terhadap agama dan kepercayaan lain
c.
Mau
hidup rukun dan saling membantu agama dan kepercayaan lain.
d.
Memberi
ucapan selamat kepada orang yang merayakan, serta mengikuti ibadahnya
36. Bacalah teks di bawah ini (Nostra Aetate
Art.3)
Gereja juga menghargai umat Islam, yang
menyembah Allah satu-satunya, yang hidup dan berdaulat, penuh belaskasihan dan
mahakuasa, Pencipta langit dan bumi, yang telah bersabda kepada umat manusia. Kaum muslimin berusaha menyerahkan diri
dengan segenap hati kepada ketetapan-ketetetapan Allah juga yang bersifat
rahasia, seperti dahulu Abraham – iman Islam dengan sukarela mengacu kepadanya
– telah menyerahkan diri kepada Allah. Memang mereka tidak mengakui Yesus
sebagai Allah, melainkan menghormati-Nya sebagai Nabi. Mereka juga menghormati
Maria Bunda-Nya yang tetap perawan, dan pada saat-saat tertentu dengan khidmat
berseru kepadanya. Selain itu mereka mendambakan hari pengadilan, bila Allah
akan mengganjar semua orang yang telah bangkit. Maka mereka juga menjunjung
tinggi kehidupan susila, dan berbakti kepada Allah terutama dalam doa, dengan
memberi sedekah dan berpuasa.
Memang benar, disepanjang zaman cukup sering timbul pertikaian dan permusuhan
antara umat Kristiani dan kaum Muslimin. Konsili suci mendorong mereka semua,
supaya melupakan yang sudah-sudah, dan dengan tulus hati melatih diri untuk
saling memahami, dan supaya bersama-sama membela serta mengembangkan keadilan
sosial bagi semua orang, nilai-nilai moral maupun perdamaian dan kebebasan.
Bagaimana sikap
Gereja Katolik terhadap agama Islam sesuai dengan kutipan tersebut di atas!
a. Gereja juga menghargai semua umat menyembah
Allah satu-satunya, yang hidup dan berdaulat, penuh belaskasihan dan mahakuasa,
Pencipta langit dan bumi, dan akan Yesus Kristus Putra yang tungal Tuhan kita.
b. Gereja juga menghargai umat Islaam, yang selalu
beribadah dan menyembah Allah satu-satunya, yang hidup dan berdaulat, penuh
kuasa dan selalu hidup rukun.
c. Gereja juga menghargai umat Islam, yang
menyembah Allah satu-satunya, yang hidup dan berdaulat, penuh belaskasihan dan
mahakuasa, Pencipta langit dan bumi, yang telah bersabda kepada umat manusia
d. Gereja juga menghargai umat manusia, yang
menyembah Allah satu-satunya, yang hidup dan berdaulat, penuh belaskasihan dan
mahakuasa, Pencipta langit dan bumi, yang telah bersama-sama mereka dalam
berjuang.
37. Perhatikan gambar di bawah ini!
Apa dampak kerusakan
lingkungan terhadap kehidupan manusia, berdasarkan gambar di atas!
a. Membuang sampah sembarangan mengakibatkan
pencemaran air dan tanah sehingga manusia mudah terserang penyakit.
b. Membuat paving ke semua sudut kota agar
kelihatan bersih dan indah, tanpa memberikan tempat untuk penyerapan air ke
tanah.
c. Tanah longsor di pegunungan karena derasnya
hujan dan akhirnya banyak terjadi korban bencana alam
d. Pembakaran hutan terjadi akan mengakibatkan
banjir dan tidak ada lagi tempat penyerapan air yang ideal
38. Di bawah ini adalah faktor yang dapat
mendukung tercapainya cita-cita.
NO
|
FAKTOR PENDUKUNG
|
1
|
Mengukur Kemampuan
|
2
|
Bersikap Realita
|
3
|
Selalu siap untuk berubah
|
4
|
Siap untuk bekerja keras dan tidak mudah putus asa
|
Dari faktor
pendukung di atas, apa yang bisa kamu simpulkan dalam mencapai sebuah
cita-cita?
a. Dalam menentukan cita-cita harus setinggi
langit agar dapat tercapai dan tidak pernah mengeluh dalam mengusahakannya.
b. Dalam menentukan cita-cita tidak boleh ragu
dan selalu optimis bahwa semua yang kita lakukan dapat tercapai.
c. Memimpikan cita-cita harus sesuai dengan saran
orang tua dan saudara yang sudah banyak membantu kita
d. Dalam bercita-cita harus menyesuaikan
kemampuan, keadaan dan siap untuk berubah dan bekerjakeras
39. Apa dampak positif dari tujuan perkawinan
kristiani?
a.
Pasangan
selalu setia pada pasangannya karena tujuannya untuk kebahagiaan bukan hanya
sebatas mencari keturunan.
b.
Selalu
terarah pada perkawinan yang monogami dan selalu menjadi teladan bagi pasangan
yang lain untuk menjadi katolik.
c.
Perkawinan
akan menjadi sebuah persaudaraan yang erat antara keluarga dan masyarakat dalam
mewujudkan keharmonisan.
d.
Cinta
yang tak terceraikan oleh manusia sehingga tidak boleh ada yang mengganggu
perkawinan sebagai sakramen
40. Kaul yang diucapkan dan ditaati oleh biarawan-biarawati adalah, kaul ketaatan,
kemiskinan kemurnian, apa makna kaul tersebut?
a.
Supaya
hidup mereka hanya untuk berdoa kepada Allah
b.
Mereka
tidak lagi memikirkan barang duniawi melainkan patuh dan taat pada perintah
c.
Semakin
mendalami apa yang menjadi tugas dan tangungjawabnya sebagai manusia
d.
Supaya pelayanan
yang dijalankan dapat dijalankan secara penuh dan total
Untuk
soal nomor 41 s.d. 45 tulislah jawaban Anda dengan jelas dan benar pada lembar
jawaban!
41. Bacalah teks di bawah ini!
“26. Berfirmanlan Allah:”Baiklah kita menjadikan manusia menurut
gambar dan rupa Kita, supaya ,mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan
burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala
binatang melata yang merayap di bumi.”
Jelaskan pengertian
manusia sebagai citra Allah berdasar teks tersebut!
42. Bacalah teks
kitab suci Lukas 17;11-19 berikut ini!
17:11 Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem f Yesus menyusur perbatasan
Samaria dan Galilea. g 17:12 Ketika
Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta h menemui Dia. Mereka tinggal
berdiri agak jauh i 17:13 dan
berteriak: "Yesus, Guru, j kasihanilah kami!" 17:14 Lalu
Ia memandang mereka dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu
kepada imam-imam. k " Dan sementara mereka di
tengah jalan mereka menjadi tahir. 17:15 Seorang
dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan
Allah l dengan suara nyaring, 17:16 lalu
tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya 1 . Orang itu adalah seorang Samaria. m 17:17 Lalu
Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi
tahir? Di manakah yang sembilan orang itu? 17:18 Tidak
adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada
orang asing ini?" 17:19 Lalu
Ia berkata kepada orang itu: "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah
menyelamatkan engkau. n "
Berikan 3 contoh ungkapan syukur atas anugerah Allah
pada jaman sekarang sesuai teks yang telah kamu baca!
43.Bacalah Teks
Yesaya 7;10-15
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya
kepada Ahas, kata-Nya: 7:11 "Mintalah suatu pertanda a dari TUHAN, Allahmu, biarlah
itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat
tertinggi b yang di atas." 7:12 Tetapi Ahas menjawab:
"Aku tidak mau meminta 1 , aku tidak mau mencobai c TUHAN." 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya:
"Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! d Belum cukupkah e kamu melelahkan f orang, sehingga kamu
melelahkan Allahku g juga? 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah
yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: h Sesungguhnya, seorang
perempuan muda i mengandung dan akan melahirkan
seorang anak laki-laki, j dan ia akan menamakan Dia
Imanuel 2 . k 7:15 Ia akan makan dadih l dan madu m sampai ia tahu menolak yang
jahat dan memilih yang baik,
Berdasarkan teks di atas, jelaskan bahwa Yesus
Kristus merupakan pemenuhan janji Allah!
44. “Yesus
peduli terhadap penderitaan sesama” sebagai pengikut Yesus kita diajak untuk
meneladanNya. Sebutkan 5 contoh tindakan peduli terhadap penderitaan sesama dan
lingkungan dalam kehidupan kita sehari-hari!
45. Tugas
pelayanan dalam gereja terbagi menjadi 4 bidang pelayanan, sebutkan dan
jelaskan tugas masing-masing bidang pelayanan yang kamu ketahui!
Selamat Mengerjakan Tuhan Memberkati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.