TES DARING SMPK SANTO BERNARDUS
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
KELAS VII
HARI/TANGGAL : Kamis, 16 APRIL 2020
SEMSTER : GENAP
WAKTU : 09.30 - 11.30
PETUNJUK PENGERJAAN
1. Waktu mengerjakan 120 menit (09.30 - 11.30)
2. Kerjakan secara MANDIRI, dan tidak boleh saling BERTUKAR JAWABAN dengan teman! UTAMAKAN KEJUJURAN! (Tidak boleh membuka buku)
3. JAWABAN dikirim ke no WA 085735560706 dalam bentuk FILE WORD dan tidak di perkenankan mengirim dalam bentuk LINK
4. PENGIRIMAN TERAKHIR pukul 11.30, lebih dari waktu yang di tentukan maka tidak akan mendapat nilai. (DISIPLIN WAKTU!)
I. Pilihlah Jawaban yang benar dengan cara
melingkari jawaban tersebut di lembar jawab !
1. Latar belakang rakyat Indonesia di berbagai
daerah melakukan perlawanan terhadap penjajahan bangsa asing, yaitu ...
a. pelanggaran
perjanjian antara bangsa asing dan bangsa Indonesia dalam mengelola sumber daya
alam Indonesia
b. penjajahan
bangsa asing menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan bagi bangsa Indonesia
c. perbedaan
pandangan tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
d. adanya
klaim tentang wilayah Indonesia oleh bangsa Indonesia
2. Hari Pendidikan Nasional yang diperingati
pada 2 Mei oleh masyarakat Indonesia merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa
seorang tokoh pahlawan nasional dalam dunia pendidiakan. tokoh yang dimaksud
adalah ...
a. Soepomo
b. Moh.
Yamin
c. Plere
Tendean
d. Ki
Hajar Dewantara
3. Perhatiakan tabel berikut!
No.
|
Nama Tokoh
|
Peranannya
|
1
|
Perlawanan rakyat Maluku
|
Sultan Ageng Tirtayasa
|
2
|
Perlawanan rakyat Demak
|
Gusti Ketut Jelantik
|
3
|
Perlawanan rakyat Aceh
|
Teuku Umar
|
4
|
Perlawanan rakyat Kalimatan
|
Pangeran Atasari
|
Pasangan antara bentuk perlawanan dan
tokoh pemimpin perlawanan ditunjukkan oleh angka ...
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c. 2
dan 3
d. 3
dan 4
4. Dalam mengelola sumber daya alam yang ada di
Indonesia, semua pihak sebaiknya memperhatikan ketentuan dalam UUD NRI tahun
1945. Ketentuan yang dimaksud adalah ...
a. pasal
33 ayat (1)
b. pasal
33 ayat (2)
c. pasal
33 ayat (3)
d. pasal
33 ayat (4)
5. Upaya pemerintah daerah dalam rangka
mengoktimalkan potensi dan meningkatkan kesejahteraan daerah dilakukan dengan
cara ...
a. membiarkan
daerah melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam daerah
b. memberikan
seluruh wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
c. memberikan
otonomi seluas-luasnya kepada pemerintah daerah
d. memberikan
kesempatan kepada pemerintah pusat mengurus langsung urusan pemerintahan daerah
6. Perhatikan wacana berikut!
Sebelum ada kebijakan otonomi daerah, daerah X merupakan daerah
tertinggal. Setelah ada kebijakan otonomi daerah, masyarakat daerah X sudah
tidak lagi kesulitan mendapat akses pendidikan bagi anak-anak mereka. Angka
kematian juga berkurang karena fasilitas kesehatan sudah terpenuhi dan memadai.
Selain itu masyarakat setempat memanfaatkan potensi alam yang dimiliki sebagai
objek wisata. Masyarakat juga memanfaatkan hasil kekayaan alam daerah tempat
tinggal mereka untuk dipasarkan dan memasok kebutuhan daerah lain. Melalui
upaya tersebut, pendapatan masyarakat daerah mulai meningkat dan angga
pengangguran menunjukkan penurunan.
Kondisi pada wacana menunjukkan ...
a. peran
pemerintah daerah yang dominan dalam melakukan pengelolaan terhadap daerah
b. adanya
kebebasan masyarakat untuk berkreativitas terhadap daerah tempat tinggalnya.
c. keberhasilan
pemberian otonomi yang seluas-luasnya oleh pemerintah pusat kepada pemerintah
daerah.
d. adanya
peningkatan gaya dan pola hidup masyarakat daerah X
7. Perhatikan wacana berikut!
daerah A merupakan daerah penghasil beras. Daerah A mampu menghasilkan
1,1 juta ton setiap tahunnya. Oleh karena itu, daerah A mampu menggerakkan
perekonomian rakyat melalui sektor pertanian. Berbeda dengan daerah A, daerah B
terletak di pesisir pantai. Pemerintah daerah B memanfaatkan lokasi daerah
tersebut sebagai tempat pariwisata. Hasil pengembangan wisata daerah B mempu
menyumbangkan 40% bagi pendapatan daerah.
Kesimpulan yang tepat berdasarkan wacana
di atas, ditunjukkan oleh pernyataan ...
a. Sektor
pariwisata lebih banyak berkontribusi dalam menyokong perekonomian daerah.
b. Setiap
daerah wajib memiliki mata pencaharian sesuai dengan daerah tempat tinggalnya
c. Pengembangan
sektor pariwisata lebih menjanjikan dibandingkan pengembangan sektor pertanian
d. Pemerintah
daerah dalam melakukan pengelolaan terhadap daerah dapat memanfaatkan potensi
yang dimiliki setiap daerah
8. Dampak adanya perubahan strategi perlawanan
kebangkitan nasional, yaitu ...
a. persatuan
dan kesatuan rakyat Indonesia semakin kukuh
b. perjungan
rakyat daerah menjadi semakin rapuh dan mudah dipatahkan
c. semakin
banyak perlawanan yang dilakukanoleh masyarakat di berbagai daerah
d. banyakknya
bantuan dari negara lain untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
9. Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang tepat berkaitan dengan
gambar di atas adalah ...
a. I
Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu putra daerah yang menjadi pelopor
lahirnya pendidikan bagi kaum pribumi
b. I
Gusti Ngurah Rai merupakan tokoh yang berjasa dalam memimpin perang Puputan
Margarana di Bali
c. I
Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu tokoh pemimpin dalam serangan umum di
Yogyakarta
d. I
Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu tokoh yang mempelopori kebangkitan
nasional
10. Perhatikan wacana berikut!
Pahlawan nasional ini lahir pada tahun
1797 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Beliau menghabiskan hidupnya
untuk melawan dan mengusir Belanda dari Indonesia. Tokoh ini memiliki semngat
juang tinggi dalam melawan pasukan Belanda. Tokoh ini meninggal di tanah
kampung Bayan pada 11 Oktober 1862.
Tokoh yang dimaksud dalam wacana adalah
...
a. Ki
Hajar Dewantara
b. Pangeran
Antasari
c. Cut
Nyak Dien
d. R.
A Kartini
11. Perhatikan cuplikan informasi berikut!
Seorang peserta didik sekolah menengah pertama di Atambua, Kabupaten
Belu, Nusa tenggara Barat nekat memanjat tiang bendera dan memperbaiki pengait
yang macet saat pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 73. Aksi tersebut
dilakukan agar bendera Merah Putih dapat berkibar dengan sempurna.
Jika dikaitkan dengan sikap
positif warga negara dalam mempertahankan NKRI, tindakan yang dilakukan peserta
didik dalam wacana tersebut mencerminkan sikap ...
a. pantang
menyerah
b. cinta
tanah air
c. percaya
diri
d. simpati
12. Perhatikan pernyataan berikut!
1) mengerjakan penilaian harian secara
mandiri
2) membesuk teman yang sedang sakit
3) mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah
4) menjaga ketenangan kelas saat
pembelajaran berlangsung
Sikap tanggung jawab seorang peserta
didik di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh angka ...
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c. 1
dan 4
d. 2
dan 4
13. Perhatikan wacana berikut!
Randi ketua OSIS SMP Satu Nusa.
Tahun ini, Randi dan pengurus OSIS lainnya mengadakan latihan dasar
kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS baru. Salah satu agenda LDK, yaitu outbond. Randi dan pengurus OSIS lainnya
memilih lahan sawah yang masih basah untuk dijadikan tempay outbond. Keesokan harinya, pemilik sawah
merasa tidak terima karena sawah bajakannya rusak terinjak-injak peserta outbond. Pemilik sawah meminta panitia
dan sekolah bertanggung jawab atas kejadian tersebut.
Berdasarkan wacana di atas, sikap yang
sebaiknya di lakukan Randi adalah ...
a. mengabaikan
keluhan pemilik sawah
b. membatalkan
perekrutan anggota OSIS yang baru
c. meminta
seluruh pengurus OSIS melakukan gotong royong
d. berdiskusi
dengan pembina OSIS dan pemilik sawah untuk sama-sama mencari solusi
14. Perhatikan gambar berikut!
Sikap positif yang sebaiknya ditunjukkan
warga negara sesuai dengan gambar adalah ...
a. mengembangkan
sikap toleransi antarumat beragama
b. mengikuti
umat beragama lain saat menjalankan ibadah
c. mengeraskan
volume suara saat orang lain sedang beribadah
d. memaksakan
kehendak orang lain untuk mengikuti keyakinan yang kita anut
15. Perhatikan bagan berikut!
Huruf X dan Y seharusnya diisi dengan ...
a. menghargai
anggota masyawarah dalam kegiatan musyawarah desa dan menghilangkan sikap
etnosentrisme terhadap kebudayaan daerah tertentu.
b. menghargai
pendapat teman saat melaksanakan diskusi kelompok dan bersedia menerima kritik
saat melakukan musyawarah desa
c. besedia
mempelajari dan melestarikan budaya daerah dan tidak melakukan diskriminasi
terhadap siapun
d. menghargai
kebudayaan teman di sekolah dan mematuhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah
16. Sikap pantang menyerah seorang peserta didik
ditunjukkan oleh pernyataan ...
a. Reihan
mengerjakan penilaian harian secara mandiri
b. Dani
terus giat belajar meskipun ia hanya mengikuti remidial
c. Rara
mengikuti upacara dengan tertib
d. Risa
datang ke sekolah dengan tepat waktu
17. Perhatikan gambar berikut!
Sikap positif warga negara yang dapat
dilakukan dalam kegiatan pada gambar adalah ...
a. menghadiri
kegiatan dengan tepat waktu
b. ikut
serta menyediakan konsumsi bagi peserta musyawarah
c. ikut
memberikan usul saat peserta musyawarah lain sedang berpendapat
d. menyampaikan
kritik dan saran dengan sopan santun
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1) memilih ketua kelas tanpa memandang
latar belakang
2) mendengarkan nasihat orang tua dan
melaksanakannya dengan baik
3) mematuhi aturan kelas yang telah
disepakati bersama
4) mengikuti kegiatan kerja bakti
membangun jembatan
Contoh sikap mempertahankan NKRI di
lingkungan sekolah ditunjukkan oleh angka ...
a. 1
dan 2
b. 1
dan 3
c. 2
dan 3
d. 2
dan 4
19. Perhatikan informasi berikut!
Pada 2016 Badan Pusat Statistik (BPS)
mencatat luas hutan Indonesia mencapai sekira 89.136,4 ha atau sekitar 46,65%
dari luas daratan di Indonesia. Hutan-hutan di Indonesia ini memiliki berbagai
fungsi, antara lain untuk tempat tinggal, produksi kayu, perekonomian, dan
wisata.
Sikap positif yang dilakukan warga negara
berdasarkan informasi diatas, yaitu ...
a. memanfaatkan
kekayaan hutan secara bijak
b. memanfaatkan
sumber daya hutan secara besar-besaran
c. melakukan
pembukaan lahan dengan cara membakar hutan
d. mengganti
hutan tropis menjadi kawasan perkebunan sawit yang menguntungkan
20. Upaya warga negara dalam mempertahankan NKRI
dapat dilakukan dengan sikap taat hukum. Contoh sikap taat hukum dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ...
a. memberikan
uang saat ditilang
b. mengendarai
sepeda motor di trotoar
c. mematuhi
jam belajar di lingkungan tempat tinggal
d. menyalakan
lampu kendaraan saat berkendara di malam hari
21. Adanya pembagian wewenang antar pemerintah
pusat dan pemerintah daerah menimbulkan munculnya kebijakan yang mengatur
tentang ...
a. otonomi
khusus
b. otonomi
daerah
c. kekayaan
intelektual
d. batas
wilayah Indonesia
22. Kapiten Pattimura adalah pahlawan Nasional
Indonesia yang berasal dari ...
a. Bali
b. Aceh
c. Maluku
d. Kalimantan
23. Perhatikan sikap-sikap berikut!
1) saling menghargai
2) toleransi
3) Individualis
4) Etnosentrisme
Sikap yang sebaiknya dimiliki warga
negara dalam kehidupan masyarakat yang beragam ditunjukkan oleh angka ...
a. 1
dan 2
b. 1
dan 4
c. 2
dan 3
d. 2
dan 4
24. Hilangnya rasa persatuan dan kesatuan warga
negara dapat menimbulkan terjadinya ...
a. integrasi
nasional
b. disintegrasi
bangsa
c. keberagaman
masyarakat
d. kemajemukan
dalam masyarakat
25. Nilai yang dapat diambil dari kerja bakti di
lingkungan masyarakat adalah ...
a. lingkungan
desa menjadi aman
b. masyarakat
senang mengikuti kerja bakti
c. kerja
bakti mengganggu aktivitas akhir pekan
d. kerja
bakti dapat meningkatkan rasa kekeluargaan
Selamat mengerjakan
~ smg scs ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.