Kamis, 16 April 2020

PKN KELAS 7

TES DARING SMPK SANTO BERNARDUS
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
KELAS VII
HARI/TANGGAL : Kamis, 16 APRIL 2020
SEMSTER           : GENAP
WAKTU               : 09.30 - 11.30

PETUNJUK PENGERJAAN
1. Waktu mengerjakan 120 menit (09.30 - 11.30)
2. Kerjakan secara MANDIRI, dan tidak boleh saling BERTUKAR JAWABAN dengan teman! UTAMAKAN        KEJUJURAN! (Tidak boleh membuka buku)
3. JAWABAN dikirim ke no WA 085735560706 dalam bentuk FILE WORD dan tidak di perkenankan                  mengirim dalam bentuk LINK
4. PENGIRIMAN TERAKHIR pukul 11.30, lebih dari waktu yang di tentukan maka tidak akan mendapat            nilai. (DISIPLIN WAKTU!)



I. Pilihlah Jawaban yang benar dengan cara melingkari jawaban tersebut di lembar jawab !
1.    Latar belakang rakyat Indonesia di berbagai daerah melakukan perlawanan terhadap penjajahan bangsa asing, yaitu ...
       a.  pelanggaran perjanjian antara bangsa asing dan bangsa Indonesia dalam mengelola sumber daya alam Indonesia
       b.  penjajahan bangsa asing menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan bagi bangsa Indonesia
       c.  perbedaan pandangan tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
       d.  adanya klaim tentang wilayah Indonesia oleh bangsa Indonesia
      
2.    Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada 2 Mei oleh masyarakat Indonesia merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa seorang tokoh pahlawan nasional dalam dunia pendidiakan. tokoh yang dimaksud adalah ...
       a.  Soepomo
       b.  Moh. Yamin
       c.  Plere Tendean
       d.  Ki Hajar Dewantara

3.    Perhatiakan tabel berikut!
No.
Nama Tokoh
Peranannya
1
Perlawanan rakyat Maluku
Sultan Ageng Tirtayasa
2
Perlawanan rakyat Demak
Gusti Ketut Jelantik
3
Perlawanan rakyat Aceh
Teuku Umar
4
Perlawanan rakyat Kalimatan
Pangeran Atasari
       Pasangan antara bentuk perlawanan dan tokoh pemimpin perlawanan ditunjukkan oleh angka ...
       a.  1 dan 2
       b.  1 dan 3
       c.  2 dan 3
       d.  3 dan 4
      
4.    Dalam mengelola sumber daya alam yang ada di Indonesia, semua pihak sebaiknya memperhatikan ketentuan dalam UUD NRI tahun 1945. Ketentuan yang dimaksud adalah ...
       a.  pasal 33 ayat (1)
       b.  pasal 33 ayat (2)
       c.  pasal 33 ayat (3)
       d.  pasal 33 ayat (4)
      
5.    Upaya pemerintah daerah dalam rangka mengoktimalkan potensi dan meningkatkan kesejahteraan daerah dilakukan dengan cara ...
       a.  membiarkan daerah melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam daerah
       b.  memberikan seluruh wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
       c.  memberikan otonomi seluas-luasnya kepada pemerintah daerah
       d.  memberikan kesempatan kepada pemerintah pusat mengurus langsung urusan pemerintahan daerah

6.    Perhatikan wacana berikut!
       Sebelum ada kebijakan otonomi daerah, daerah X merupakan daerah tertinggal. Setelah ada kebijakan otonomi daerah, masyarakat daerah X sudah tidak lagi kesulitan mendapat akses pendidikan bagi anak-anak mereka. Angka kematian juga berkurang karena fasilitas kesehatan sudah terpenuhi dan memadai. Selain itu masyarakat setempat memanfaatkan potensi alam yang dimiliki sebagai objek wisata. Masyarakat juga memanfaatkan hasil kekayaan alam daerah tempat tinggal mereka untuk dipasarkan dan memasok kebutuhan daerah lain. Melalui upaya tersebut, pendapatan masyarakat daerah mulai meningkat dan angga pengangguran menunjukkan penurunan.
       Kondisi pada wacana menunjukkan ...
       a.  peran pemerintah daerah yang dominan dalam melakukan pengelolaan terhadap daerah
       b.  adanya kebebasan masyarakat untuk berkreativitas terhadap daerah tempat tinggalnya.
       c.  keberhasilan pemberian otonomi yang seluas-luasnya oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.
       d.  adanya peningkatan gaya dan pola hidup masyarakat daerah X

7.    Perhatikan wacana berikut!
       daerah A merupakan daerah penghasil beras. Daerah A mampu menghasilkan 1,1 juta ton setiap tahunnya. Oleh karena itu, daerah A mampu menggerakkan perekonomian rakyat melalui sektor pertanian. Berbeda dengan daerah A, daerah B terletak di pesisir pantai. Pemerintah daerah B memanfaatkan lokasi daerah tersebut sebagai tempat pariwisata. Hasil pengembangan wisata daerah B mempu menyumbangkan 40% bagi pendapatan daerah.
       Kesimpulan yang tepat berdasarkan wacana di atas, ditunjukkan oleh pernyataan ...
       a.  Sektor pariwisata lebih banyak berkontribusi dalam menyokong perekonomian daerah.
       b.  Setiap daerah wajib memiliki mata pencaharian sesuai dengan daerah tempat tinggalnya
       c.  Pengembangan sektor pariwisata lebih menjanjikan dibandingkan pengembangan sektor pertanian
       d.  Pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan terhadap daerah dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki setiap daerah
      
8.    Dampak adanya perubahan strategi perlawanan kebangkitan nasional, yaitu ...
       a.  persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia semakin kukuh
       b.  perjungan rakyat daerah menjadi semakin rapuh dan mudah dipatahkan
       c.  semakin banyak perlawanan yang dilakukanoleh masyarakat di berbagai daerah
       d.  banyakknya bantuan dari negara lain untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

9.    Perhatikan gambar berikut!
       

       Pernyataan yang tepat berkaitan dengan gambar di atas adalah ...
       a.  I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu putra daerah yang menjadi pelopor lahirnya pendidikan bagi kaum pribumi
       b.  I Gusti Ngurah Rai merupakan tokoh yang berjasa dalam memimpin perang Puputan Margarana di Bali
       c.  I Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu tokoh pemimpin dalam serangan umum di Yogyakarta
       d.  I Gusti Ngurah Rai merupakan salah satu tokoh yang mempelopori kebangkitan nasional
      
10.  Perhatikan wacana berikut!
       Pahlawan nasional ini lahir pada tahun 1797 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Beliau menghabiskan hidupnya untuk melawan dan mengusir Belanda dari Indonesia. Tokoh ini memiliki semngat juang tinggi dalam melawan pasukan Belanda. Tokoh ini meninggal di tanah kampung  Bayan pada 11 Oktober 1862.
       Tokoh yang dimaksud dalam wacana adalah ...
       a.  Ki Hajar Dewantara
       b.  Pangeran Antasari
       c.  Cut Nyak Dien
       d.  R. A Kartini
      
11.  Perhatikan cuplikan informasi berikut!
       Seorang peserta didik sekolah menengah pertama di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa tenggara Barat nekat memanjat tiang bendera dan memperbaiki pengait yang macet saat pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 73. Aksi tersebut dilakukan agar bendera Merah Putih dapat berkibar dengan sempurna.
       Jika dikaitkan dengan sikap positif warga negara dalam mempertahankan NKRI, tindakan yang dilakukan peserta didik dalam wacana tersebut mencerminkan sikap ...
       a.  pantang menyerah
       b.  cinta tanah air
       c.  percaya diri
       d.  simpati
           
12.  Perhatikan pernyataan berikut!
       1) mengerjakan penilaian harian secara mandiri
       2) membesuk teman yang sedang sakit
       3) mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah
       4) menjaga ketenangan kelas saat pembelajaran berlangsung
       Sikap tanggung jawab seorang peserta didik di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh angka ...
       a.  1 dan 2
       b.  1 dan 3
       c.  1 dan 4
       d.  2 dan 4

13.  Perhatikan wacana berikut!
       Randi ketua OSIS SMP Satu Nusa. Tahun ini, Randi dan pengurus OSIS lainnya mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS baru. Salah satu agenda LDK, yaitu outbond. Randi dan pengurus OSIS lainnya memilih lahan sawah yang masih basah untuk dijadikan tempay outbond. Keesokan harinya, pemilik sawah merasa tidak terima karena sawah bajakannya rusak terinjak-injak peserta outbond. Pemilik sawah meminta panitia dan sekolah bertanggung jawab atas kejadian tersebut.
       Berdasarkan wacana di atas, sikap yang sebaiknya di lakukan Randi adalah ...
       a.  mengabaikan keluhan pemilik sawah
       b.  membatalkan perekrutan anggota OSIS yang baru
       c.  meminta seluruh pengurus OSIS melakukan gotong royong
       d.  berdiskusi dengan pembina OSIS dan pemilik sawah untuk sama-sama mencari solusi

14.  Perhatikan gambar berikut!
       

       Sikap positif yang sebaiknya ditunjukkan warga negara sesuai dengan gambar adalah ...
       a.  mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama
       b.  mengikuti umat beragama lain saat menjalankan ibadah
       c.  mengeraskan volume suara saat orang lain sedang beribadah
       d.  memaksakan kehendak orang lain untuk mengikuti keyakinan yang kita anut
      
15.  Perhatikan bagan berikut!
       

       Huruf X dan Y seharusnya diisi dengan ...
       a.  menghargai anggota masyawarah dalam kegiatan musyawarah desa dan menghilangkan sikap etnosentrisme terhadap kebudayaan daerah tertentu.
       b.  menghargai pendapat teman saat melaksanakan diskusi kelompok dan bersedia menerima kritik saat melakukan musyawarah desa
       c.  besedia mempelajari dan melestarikan budaya daerah dan tidak melakukan diskriminasi terhadap siapun
       d.  menghargai kebudayaan teman di sekolah dan mematuhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah
      
16.  Sikap pantang menyerah seorang peserta didik ditunjukkan oleh pernyataan ...
       a.  Reihan mengerjakan penilaian harian secara mandiri
       b.  Dani terus giat belajar meskipun ia hanya mengikuti remidial
       c.  Rara mengikuti upacara dengan tertib
       d.  Risa datang ke sekolah dengan tepat waktu
      
17.  Perhatikan gambar berikut!
       

       Sikap positif warga negara yang dapat dilakukan dalam kegiatan pada gambar adalah ...
       a.  menghadiri kegiatan dengan tepat waktu
       b.  ikut serta menyediakan konsumsi bagi peserta musyawarah
       c.  ikut memberikan usul saat peserta musyawarah lain sedang berpendapat
       d.  menyampaikan kritik dan saran dengan sopan santun
      
18.  Perhatikan pernyataan berikut!
       1) memilih ketua kelas tanpa memandang latar belakang
       2) mendengarkan nasihat orang tua dan melaksanakannya dengan baik
       3) mematuhi aturan kelas yang telah disepakati bersama
       4) mengikuti kegiatan kerja bakti membangun jembatan
       Contoh sikap mempertahankan NKRI di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh angka ...
       a.  1 dan 2
       b.  1 dan 3
       c.  2 dan 3
       d.  2 dan 4
      
19.  Perhatikan informasi berikut!
       Pada 2016 Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat luas hutan Indonesia mencapai sekira 89.136,4 ha atau sekitar 46,65% dari luas daratan di Indonesia. Hutan-hutan di Indonesia ini memiliki berbagai fungsi, antara lain untuk tempat tinggal, produksi kayu, perekonomian, dan wisata.
       Sikap positif yang dilakukan warga negara berdasarkan informasi diatas, yaitu ...
       a.  memanfaatkan kekayaan hutan secara bijak
       b.  memanfaatkan sumber daya hutan secara besar-besaran
       c.  melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar hutan
       d.  mengganti hutan tropis menjadi kawasan perkebunan sawit yang menguntungkan
      
20.  Upaya warga negara dalam mempertahankan NKRI dapat dilakukan dengan sikap taat hukum. Contoh sikap taat hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ...
       a.  memberikan uang saat ditilang
       b.  mengendarai sepeda motor di trotoar
       c.  mematuhi jam belajar di lingkungan tempat tinggal
       d.  menyalakan lampu kendaraan saat berkendara di malam hari
      
21.  Adanya pembagian wewenang antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah menimbulkan munculnya kebijakan yang mengatur tentang ...
       a.  otonomi khusus
       b.  otonomi daerah
       c.  kekayaan intelektual
       d.  batas wilayah Indonesia
      
22.  Kapiten Pattimura adalah pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari ...
       a.  Bali
       b.  Aceh
       c.  Maluku
       d.  Kalimantan

23.  Perhatikan sikap-sikap berikut!
       1) saling menghargai
       2) toleransi
       3) Individualis
       4) Etnosentrisme
       Sikap yang sebaiknya dimiliki warga negara dalam kehidupan masyarakat yang beragam ditunjukkan oleh angka ...
       a.  1 dan 2
       b.  1 dan 4
       c.  2 dan 3
       d.  2 dan 4
      
24.  Hilangnya rasa persatuan dan kesatuan warga negara dapat menimbulkan terjadinya ...
       a.  integrasi nasional
       b.  disintegrasi bangsa
       c.  keberagaman masyarakat
       d.  kemajemukan dalam masyarakat

25.  Nilai yang dapat diambil dari kerja bakti di lingkungan masyarakat adalah ...
       a.  lingkungan desa menjadi aman
       b.  masyarakat senang mengikuti kerja bakti
       c.  kerja bakti mengganggu aktivitas akhir pekan
       d.  kerja bakti dapat meningkatkan rasa kekeluargaan


Selamat mengerjakan
~ smg scs ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.