TES DARING SMP SANTO BERNARDUS MADIUN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas : VIII/Delapan
Semesteter : Genap
Waktu : 09:30 – 11:30 WIB
Petunjuk
Mengerjakan :
·
Kerjakan di WORD urut sesuai nomor !
·
Apabila ada jawaban yang digambar di
buku/kertas atau folio,silahkan di foto lalu copy ke WORD!
·
Setelah selesai kirim ke email :
widiyulitaa@gmail.com
·
Waktu mengerjakan 120 menit !
·
Jawablah pertanyaan dengan tepat dan
kerjakan semaksimal mungkin !
·
Untuk pertanyaan uraian, silahkan
jawab dengan cara panjang !
·
Kerjakan dengan penuh tanggung jawab dan jujur !
·
Pekerjaan yang dikirim wajib
disertakan nama lengkap, no.absen dan kelas!
·
KKM
IPS : 75
A. PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DARI
PILIHAN a, b, c dan d !
1. Imperialisme
yang berkembang ada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold,
Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan) termasuk pada masa
…
a. ancient
imperialism
b. old imperialism
c. new imperialism
d. modern imperialism
2.
Gubernur Jenderal
pertama VOC adalah …
a.
Jan Pieterszoon Coen
b.
Antonio van Diemon
c.
Janzoon Speelman
d.
Pieter Both
3.
Gubernur Jenderal
yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta adalah …
a.
Jan Pieterszoon Coen
b.
Antonio van Diemon
c.
Janzoon Speelman
d.
Pieter Both
4. Perhatikan
beberapa pernyataan berikut ini !
- Hak mencetak uang.
- Hak memiliki
angkatan perang.
- Hak memerintah
daerah yang diduduki.
- Hak melakukan
perjanjian dengan raja-raja.
- Hak memonopoli
perdagangan rempah-rempah.
Pernyataan tersebut
menunjukkan …
a. hak mutlak VOC
b. hak asasi VOC
c. hak prerogatif VOC
d. hak oktroi VOC
5. Keterlibatan
bangsa Eropa dalam urusan politik di wilayah Indonesia umumnya terkait dengan
masalah
a. mempertahankan
kedudukan penguasa setempat yang cakap
b. menjaga pergantian
kekuasaan berlangsung demokratis
c. mendukung tokoh
yang pantas menjadi penguasa
d. melanggengkan
kekuasaan dan monopoli atas wilayah tertentu
6. Penguasaan
pasar yang dilakukan oleh satu atau sedikit perusahaan adalah pengertian dari …
a. monogami
b. monoteisme
c. monopoli
d. monopsoni
7. Pada
abad XVII EIC kalah bersaing dengan VOC. Kekalahan EIC dari VOC karena ...
a. EIC tidak memiliki
jaringan kekuasaan, ekonomi, dan perdagangan seluas VOC
b. EIC tidak memiliki
angkatan perang yang mampu merebut pusat-pusat perdagangan
c. EIC tidak mendapat
dukungan dari pemerintah dan organisasi perdagangan yang baik
d. VOC menguasai
pelabuhan- pelabuhan dan pusat-pusat penghasil rempah-rempah
8. VOC
memusatkan kekuasaan ekonominya di Indonesia
karena
a. Indonesia memiliki
pasar potensial untuk memasarkan komoditas VOC
b. Indonesia telah
menjadi pusat perdagangan yang teratur dan menguntungkan
c. harga
rempah-rempah di Indonesia rendah
d. Indonesia menjadi
tempat bagi VOC untuk memperluas pengaruh ekonominya
9. Belanda
memaksa kerajaan-kerajaan di Indonesia untuk menandatangani kontrak monopoli
dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah politik adu domba atau dikenal
….
a. devide et imperium
b. devide et impera
c. decision et impera
d. decision et
imperium
10. VOC
mengalami kebangkrutan pada akhir abad XVIII. Korupsi dan manajemen perusahaan
yang kurang baik menjadi penyebab utama kebangkrutan VOC sehingga dibubarkan
pada tanggal …
a. 13 Desember 1799
b. 15 Desember 1799
c. 17 Desember 1799
d. 19 Desember 1799
11.
Penyimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai
penyimpangan sekunder jika memiliki ciri-ciri antara lain ...
a.
Bersifat berkelanjutan, dan tidak didominasi si pelaku
b.
Bersifat sementara, dan masyarakat masih bersedia mentolerir
c.
Bersifat sementara, dan masyarakat sudah tidak mentolerir.
d.
Bersifat berkenjutan, dan masyarakat masih mentolerir
12.
Penyimpangan sosial yang tidak mengganggu
ketenteraman masyarakat adalah ...
a.
Penyimpangan indvidual.
b.
Penyimpangan positif.
c.
Penyimpangan kelompok.
d. Penyimpangan
negatif
13.
Di sekolah siswa diajarkan untuk sopan santun dan
disiplin, sementara di rumah orang tua tidak memerhatikan masalah sopan santun
maupun kedisiplinan. Kondisi ini menunjukkan bentuk ....
a.
Sosialisasi nilai menyimpang sub kebudayaan
b. Proses
sosialisasi tidak sempurna
c. Proses
pembelajaran yang salah arah
d.
Suasana keluarga yang tidak mendukung
14.
Perilaku masyarakat dikatakan sebagai penyimpangan
sosial sosial apabila perilaku tersebut ...
a.
Melanggar aturan pemerintah yang berlaku dalam masyarakat
b.
Menimbulkan keresahan dan mengganggu ketenteraman masyarakat.
c.
Menimbulkan wabah penyakit dalam masyarakat.
d.
Melanggar norma - norma kemasyarakatan meski tidak meresahkan masyarakat
15.
Berikut ini yang bukan merupakan kontribusi penting
perilaku menyimpang yang bersifat positif bagi masyarakat yaitu ...
a.
Perilaku menyimpang mendorong terjadinya perubahan sosial.
b.
Perilaku penyimpangan diperlukan untuk memperlemah moral masyarakat
c.
Menegaskan bahwa ikatan moral akan mempersatukan masyarakat
d.
Masyarakat mengetahui kejelasan mengenai apa yang dianggap benar apa yang
dianggap salah.
16. Berikut
adalah akibat langsung yang dapat ditimbulkan dari perilaku menyimpang, yaitu
...
a.
Kekacauan
b.
Keresahan
c.
Kemelaratan
d.
Konflik social
17.
Sikap seenaknya dan berbincang-bincang dengan
temannya merupakan contoh dan cara adaptasi ....
a.
Retualisme
b.
Inovasi
c.
Konformitas
d.
Pengasingan diri
18.
Berikut ini yang bukan merupakan penyebab
penyimpangan sosial adalah ...
a.
Kesanggupan menerima norma-norma sosial
b.
Persoalan ekonomi.
c. Broken
home
d.
Pelampiasan kekecewaan.
19.
Perilaku menyimpang yang dilakukan beberapa
individu bisa menjadi awal terbentuknya .....
a.
Percampuran kebudayaan
b. Pola
perilaku khas
c.
Komunitas baru
d. Norma
baru
20.
Perilaku seseorang dikategorikan sebagai
penyimpangan sosial apaila perilaku tersebut...
a.
Meyimpang dari tujuan yang akan dicapai oleh masyarakat.
b. Masih
dalam batas toleransi masyarat
c. Di
luar batas toleransi masyarakat
d.
Bertentangan dengan norma dan aturan masyarakat.
B.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, urut
dan jelas !
1.
Amatilah gambar di bawah ini, kemudian
tuliskan hasil pengamatanmu ! ( skor 6 )
a)
Tuliskan aktifitas apa yang terlihat
dari gambar dibawah ini !
b)
Tuliskan perbedaan yang terlihat !
c)
Masing – masing gambar tuliskan bentuk
penyimpangan social !
2.
Buatlah Peta Konsep tentang bentuk –
bentuk penyimpangan social lengkap dengan contoh. Peta konsep tersebut buatlah
sekreatif mungkin sehingga menarik untuk dilihat dan dibaca ! ( skor 10 )
3.
Buatlah Kliping mini tentang
penyimpangan social positif dan negative di lingkungan sekolah dan keluarga.
Buktikan dengan gambar atau foto yang bisa kalian ambil dari internet.Jangan
lupa sertakan alamat web. Kemudian beri penjelasan dengan bahasa kamu
sendiri.Pakailah permainan warna,tulisan dan hiasan sehingga menarik untuk
dilihat dan diaca.Kliping ini tidak harus kalian temple atau print, melainkan
optimalkan pemakaian HP dan laptop untuk mengerjakannya. ( skor 15 )
4.
Sebutkan 4 Faktor yang melatar
belakangi Bangsa Barat dating ke Indonesia ! ( skor 4 )
SELAMAT
MENGERJAKAN
IPS
VIII.A
KAMIS 2 APRIL 2020
11:05 - 12:25
- Silahkan buka google classroom di bagian materi
- Silahkan baca petunjuknya
IPS KELAS VIII.B
SELASA, 31 MARET 2020
12:00 - 13:20
- Kelas VIII.A silahkan buka google classroom dan langsung menuju ke kolom tugas
- Kerjakan di google classroom
IPS KELAS VIII.A
SENIN, 30 MARET 2020
11:45 - 13:05
- Kelas VIII.A silahkan buka google classroom dan langsung menuju ke kolom tugas
- Kerjakan di google classroom
IPS KELAS VIII.A
KAMIS,26 MARET 2020
11:05 - 12:25
1. Pelajaran IPS silahkan masuk dalam google classroom baik materi dan tugas langsung di google classroom.
2. Masukan kode kelas eqgqnal
3. Silahkan baca materi di kolom materi dan silahkan kerjakan tugas di kolom tugas.
Tugas IPS kelas VIII.B tanggal 24 Maret 2020
1. Buka google classroom silahkan masuk dengan menuliskan kode eqgqnal
2. Buka bagian materi,silahkan disalin di buku catatan dan tanda ... dilengkapi,boleh membuka buku paket atau membuka internet.
3. Setelah selesai materi silahkan lanjut membuka Tugas kemudian kerjakan latihan soalnya
Selamat belajar,jaga kesehatan dan Tuhan memberkati.
Tugas IPS kelas VIII tanggal 23 Maret 2020
Tulislaoh di buku catatan sebagai rangkuman,tidak diizinkan dicopy atau diprint,saat masuk buku catatan akan diperiksa.Apabila ada titik titik silahkan dilengkapi dg mencari sumber lewat internet atau buku paket.
1. LATAR BELAKANG KEDATANGAN BANGSA BARAT
A. Daya tarik Indonesia bagi bangsa barat dimana Indonesia memiliki SDA yang berlimpah.
B. ....
C. ....
D. ....
E. ...
2. MOTIVASI 3G yaitu ...
A. Gold : ...,maknanya ...
B. Glory : ...,maknanya ...
C.Gospel : ...,maknanya ...
Belanda adalah bangsa barat yang paling lama menjajah Indonesia.Selain Belanda ada bangsa lain yang pernah menjajah Indonesia yaitu Portugis,Spanyol dan Inggris.
1. Portugis
Pelopor adalah ...
Tahun ...
Tujuan ...
2. Inggris
Pelopor ...
Tahun ...
Tujuan ...
3. Spanyol
Pelopor ...
Tahun ...
Tujuan ...
VOC
TUJUAN DIBENTUKNYA VOC OLEH BELANDA DI INDONESIA ADALAH :
1. ....
2. ....
3. ....
4. ....
FAKTOR YANG MENYEBABKAN VOC MENGALAMI KEMUNDURAN
1. ....
2. ....
3. ...
4. ...
VOC kepanjangan dari ....
LATIHAN SOAL
1. Silahkan buka googleclassroom
2. Kerjakan khusus latihan soalnya
3. Buka kode clv47zc
4. Buka di kolom Tugas setelah itu kerjakan
5.Jangan lupa Silahkan masuk menjadi anggota
Tugas IPS kelas VIII Kamis 19 Maret 2020
Kerjakan pada jam pelajaran IPS
Hasil ditulis di word kemudian dikirim ke email Bu widi
- Carilah gambar situasi negara yang terkena wabah COVID-19 hari ini! Minimal 4 negara
- Bagaimana pendapatmu melihat situasi tersebut!
- Jelaskan pengaruhnya dibidang sosial,ekonomi dan pendidikan!
- Apa yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari virus tersebut!
- Dari pertanyaan no.4 yang sudah kalian lakukan dirumah yang mana?buktikan dengan foto lalu diberi keterangan gambar!
Tugas kelas VIII, Rabu 18 Maret 2020 dimulai pukul 07:00 - 08:10 WIB
Kerjakan Latihan soal dibawah ini, kemudian hasil dikirim ke email bu widi!
1. Apa yang dimaksud dengan politi etis dan jelaskan isi dari politik etis!Politik etis adalah program peningkatan kesejahteraan rakyat di wilayah jajahan Belanda. Dikenal dengan nama Trias Politica Van Denventer karena dibuat atas usulan Van Denventer yang berisi 3 program, yaitu:
2. Kapan Kongres Pemuda ke-II dilaksanakan dan jelaskan 3 hasilnya!Kongres Pemuda ke-II dilaksankan di Jakarta tanggal 26-28 Oktober 1928.Menghasilkan 3 keputusan, yaitu:
3. Apa yang dimaksud dengan perjuangan kooperatif dan nonkooperatif?
4. Kapan Kongres I Budi Utomo dilaksanakan dan sebutkan 3 hasilnya!
5. Sebutkan 5 perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908!
6. Sebutkan 5 faktor pendorong pergerakan nasional dari dalam negeri!
7. Sebutkan 5 faktor pendorong pergerakan nasional dari luar negeri!
8.Mengapa pihak Belanda melarang pendirian Indische Partij?
9.Jelaskan masing-masing 2 keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan dibidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya!
10. Jelaskan secara singkat peranan pers dalam menumbuhkan kesadaran kebangsaan Indonesia !
- Materi kelas VIII
Bacalah di buku paket tentang ORGANISASI PERGERAKAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN, kemudian kerjakan soal dengan quizizz.Sebelumnya download aplikasinya.Pengerjaan langsung jawab saja, kemudian kalau sudah selesai screenshot kemudian kirim melalui WA saya.Waktu pukul 12:00 - 13:20 wib.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.