Jumat, 17 April 2020

IPS KELAS 8






TES DARING SMP SANTO BERNARDUS MADIUN
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                       : VIII/Delapan
Semesteter               : Genap
Waktu                      : 09:30 – 11:30 WIB
Petunjuk Mengerjakan :
·         Kerjakan di WORD urut sesuai nomor !
·         Apabila ada jawaban yang digambar di buku/kertas atau folio,silahkan di foto lalu copy ke WORD!
·         Setelah selesai kirim ke email : widiyulitaa@gmail.com
·         Waktu mengerjakan 120 menit !
·         Jawablah pertanyaan dengan tepat dan kerjakan semaksimal mungkin !
·         Untuk pertanyaan uraian, silahkan jawab dengan cara panjang !
·         Kerjakan dengan penuh tanggung jawab dan jujur !
·         Pekerjaan yang dikirim wajib disertakan nama lengkap, no.absen dan kelas!
·         KKM IPS : 75

A.     PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DARI PILIHAN a, b, c dan d !
1.       Imperialisme yang berkembang ada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan) termasuk pada masa …
a. ancient imperialism
b. old imperialism
c. new imperialism
d. modern imperialism
2.       Gubernur Jenderal pertama VOC adalah …
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Antonio van Diemon
c. Janzoon Speelman
d. Pieter Both
3.       Gubernur Jenderal yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta adalah …
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Antonio van Diemon
c. Janzoon Speelman
d. Pieter Both

4.       Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini !
- Hak mencetak uang.
- Hak memiliki angkatan perang.
- Hak memerintah daerah yang diduduki.
- Hak melakukan perjanjian dengan raja-raja.
- Hak memonopoli perdagangan rempah-rempah.
Pernyataan tersebut menunjukkan …
a. hak mutlak VOC
b. hak asasi VOC
c. hak prerogatif VOC
d. hak oktroi VOC
5.       Keterlibatan bangsa Eropa dalam urusan politik di wilayah Indonesia umumnya terkait dengan masalah           
a. mempertahankan kedudukan penguasa setempat yang cakap
b. menjaga pergantian kekuasaan berlangsung demokratis
c. mendukung tokoh yang pantas menjadi penguasa
d. melanggengkan kekuasaan dan monopoli atas wilayah tertentu
6.       Penguasaan pasar yang dilakukan oleh satu atau sedikit perusahaan adalah pengertian dari …
a. monogami
b. monoteisme
c. monopoli
d. monopsoni
7.       Pada abad XVII EIC kalah bersaing dengan VOC. Kekalahan EIC dari VOC karena ...
a. EIC tidak memiliki jaringan kekuasaan, ekonomi, dan perdagangan seluas VOC
b. EIC tidak memiliki angkatan perang yang mampu merebut pusat-pusat perdagangan
c. EIC tidak mendapat dukungan dari pemerintah dan organisasi perdagangan yang baik
d. VOC menguasai pelabuhan- pelabuhan dan pusat-pusat penghasil rempah-rempah
8.       VOC memusatkan kekuasaan ekonominya di Indonesia karena     
a. Indonesia memiliki pasar potensial untuk memasarkan komoditas VOC
b. Indonesia telah menjadi pusat perdagangan yang teratur dan menguntungkan
c. harga rempah-rempah di Indonesia rendah
d. Indonesia menjadi tempat bagi VOC untuk memperluas pengaruh ekonominya
9.       Belanda memaksa kerajaan-kerajaan di Indonesia untuk menandatangani kontrak monopoli dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah politik adu domba atau dikenal ….
a. devide et imperium
b. devide et impera
c. decision et impera
d. decision et imperium
10.   VOC mengalami kebangkrutan pada akhir abad XVIII. Korupsi dan manajemen perusahaan yang kurang baik menjadi penyebab utama kebangkrutan VOC sehingga dibubarkan pada tanggal …
a. 13 Desember 1799
b. 15 Desember 1799
c. 17 Desember 1799
d. 19 Desember 1799
11.   Penyimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai penyimpangan sekunder jika memiliki ciri-ciri antara lain ...
a. Bersifat berkelanjutan, dan tidak didominasi si pelaku
b. Bersifat sementara, dan masyarakat masih bersedia mentolerir
c. Bersifat sementara, dan masyarakat sudah tidak mentolerir.
d. Bersifat berkenjutan, dan masyarakat masih mentolerir
12.   Penyimpangan sosial yang tidak mengganggu ketenteraman masyarakat adalah ...
a. Penyimpangan indvidual.
b. Penyimpangan positif.
c. Penyimpangan kelompok.
d. Penyimpangan negatif
13.   Di sekolah siswa diajarkan untuk sopan santun dan disiplin, sementara di rumah orang tua tidak memerhatikan masalah sopan santun maupun kedisiplinan. Kondisi ini menunjukkan bentuk ....
a. Sosialisasi nilai menyimpang sub kebudayaan
b. Proses sosialisasi tidak sempurna
c. Proses pembelajaran yang salah arah
d. Suasana keluarga yang tidak mendukung
14.   Perilaku masyarakat dikatakan sebagai penyimpangan sosial sosial apabila perilaku tersebut ...
a. Melanggar aturan pemerintah yang berlaku dalam masyarakat
b. Menimbulkan keresahan dan mengganggu ketenteraman masyarakat.
c. Menimbulkan wabah penyakit dalam masyarakat.
d. Melanggar norma - norma kemasyarakatan meski tidak meresahkan masyarakat
15.   Berikut ini yang bukan merupakan kontribusi penting perilaku menyimpang yang bersifat positif bagi masyarakat yaitu ...
a. Perilaku menyimpang mendorong terjadinya perubahan sosial.
b. Perilaku penyimpangan diperlukan untuk memperlemah moral masyarakat
c. Menegaskan bahwa ikatan moral akan mempersatukan masyarakat
d. Masyarakat mengetahui kejelasan mengenai apa yang dianggap benar apa yang dianggap salah.
16.     Berikut adalah akibat langsung yang dapat ditimbulkan dari perilaku menyimpang, yaitu ...
a. Kekacauan
b. Keresahan
c. Kemelaratan
d. Konflik social
17.   Sikap seenaknya dan berbincang-bincang dengan temannya merupakan contoh dan cara adaptasi ....
a. Retualisme
b. Inovasi
c. Konformitas
d. Pengasingan diri
18.   Berikut ini yang bukan merupakan penyebab penyimpangan sosial adalah ...
a. Kesanggupan menerima norma-norma sosial
b. Persoalan ekonomi.
c. Broken home
d. Pelampiasan kekecewaan.
19.   Perilaku menyimpang yang dilakukan beberapa individu bisa menjadi awal terbentuknya .....
a. Percampuran kebudayaan
b. Pola perilaku khas
c. Komunitas baru
d. Norma baru
20.   Perilaku seseorang dikategorikan sebagai penyimpangan sosial apaila perilaku tersebut...
a. Meyimpang dari tujuan yang akan dicapai oleh masyarakat.
b. Masih dalam batas toleransi masyarat
c. Di luar batas toleransi masyarakat
d. Bertentangan dengan norma dan aturan masyarakat.
B.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, urut dan jelas !

1.       Amatilah gambar di bawah ini, kemudian tuliskan hasil pengamatanmu ! ( skor 6 )
a)       Tuliskan aktifitas apa yang terlihat dari gambar dibawah ini !
b)       Tuliskan perbedaan yang terlihat !
c)       Masing – masing gambar tuliskan bentuk penyimpangan social !

2.       Buatlah Peta Konsep tentang bentuk – bentuk penyimpangan social lengkap dengan contoh. Peta konsep tersebut buatlah sekreatif mungkin sehingga menarik untuk dilihat dan dibaca ! ( skor 10 )
3.       Buatlah Kliping mini tentang penyimpangan social positif dan negative di lingkungan sekolah dan keluarga. Buktikan dengan gambar atau foto yang bisa kalian ambil dari internet.Jangan lupa sertakan alamat web. Kemudian beri penjelasan dengan bahasa kamu sendiri.Pakailah permainan warna,tulisan dan hiasan sehingga menarik untuk dilihat dan diaca.Kliping ini tidak harus kalian temple atau print, melainkan optimalkan pemakaian HP dan laptop untuk mengerjakannya. ( skor 15 )
4.       Sebutkan 4 Faktor yang melatar belakangi Bangsa Barat dating ke Indonesia ! ( skor 4 )

SELAMAT MENGERJAKAN





IPS
VIII.A
KAMIS 2 APRIL 2020
11:05 - 12:25
  • Silahkan buka google classroom di bagian materi
  • Silahkan baca petunjuknya

IPS KELAS VIII.B
SELASA, 31 MARET 2020

12:00 - 13:20
  1. Kelas VIII.A silahkan buka google classroom dan langsung menuju ke kolom tugas
  2. Kerjakan di google classroom 
IPS KELAS VIII.A
SENIN, 30 MARET 2020
11:45 - 13:05

  1. Kelas VIII.A silahkan buka google classroom dan langsung menuju ke kolom tugas
  2. Kerjakan di google classroom 


IPS KELAS VIII.A
KAMIS,26 MARET 2020
11:05 - 12:25
1. Pelajaran IPS silahkan masuk dalam google classroom baik materi dan tugas langsung di google classroom.
2. Masukan kode kelas eqgqnal
3. Silahkan baca materi di kolom materi dan silahkan kerjakan tugas di kolom tugas.


Tugas IPS kelas VIII.B tanggal 24 Maret 2020 
1. Buka google classroom silahkan masuk dengan menuliskan kode eqgqnal
2. Buka bagian materi,silahkan disalin di buku catatan dan tanda ... dilengkapi,boleh membuka buku paket atau membuka internet.
3. Setelah selesai materi silahkan lanjut membuka Tugas kemudian kerjakan latihan soalnya 
Selamat belajar,jaga kesehatan dan Tuhan memberkati.

Tugas IPS kelas VIII tanggal 23 Maret 2020
Tulislaoh di buku catatan sebagai rangkuman,tidak diizinkan dicopy atau diprint,saat masuk buku catatan akan diperiksa.Apabila ada titik titik silahkan dilengkapi dg mencari sumber lewat internet atau buku paket.
1. LATAR BELAKANG KEDATANGAN BANGSA BARAT 
A. Daya tarik Indonesia bagi bangsa barat dimana Indonesia memiliki SDA yang berlimpah.
B. ....
C. ....
D. ....
E. ...
2. MOTIVASI 3G yaitu ...
A. Gold : ...,maknanya ...
B. Glory : ...,maknanya ...
C.Gospel : ...,maknanya ...
Belanda adalah bangsa barat yang paling lama menjajah Indonesia.Selain Belanda ada bangsa lain yang pernah menjajah Indonesia yaitu Portugis,Spanyol dan Inggris.
1. Portugis
    Pelopor adalah ...
    Tahun ...
     Tujuan ...
2. Inggris
     Pelopor ...
     Tahun ...
     Tujuan ...
3. Spanyol 
    Pelopor ...
    Tahun ...
    Tujuan ...
VOC
TUJUAN DIBENTUKNYA VOC OLEH BELANDA DI INDONESIA ADALAH :
1. ....
2. ....
3. ....
4. ....
FAKTOR YANG MENYEBABKAN VOC MENGALAMI KEMUNDURAN
1. ....
2. ....
3. ...
4. ...
VOC kepanjangan dari ....
LATIHAN SOAL 
1. Silahkan buka googleclassroom 
2. Kerjakan khusus latihan soalnya
3. Buka kode clv47zc
4. Buka di kolom Tugas setelah itu kerjakan
5.Jangan lupa Silahkan masuk menjadi anggota


Tugas IPS kelas VIII Kamis 19 Maret 2020
Kerjakan pada jam pelajaran IPS
Hasil ditulis di word kemudian dikirim ke email Bu widi

  1. Carilah gambar situasi negara yang terkena wabah COVID-19 hari ini! Minimal 4 negara
  2. Bagaimana pendapatmu melihat situasi tersebut!
  3. Jelaskan pengaruhnya dibidang sosial,ekonomi dan pendidikan!
  4. Apa yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari virus tersebut!
  5. Dari pertanyaan no.4 yang sudah kalian lakukan dirumah yang mana?buktikan dengan foto lalu diberi keterangan gambar!

Tugas kelas VIII, Rabu 18 Maret 2020 dimulai pukul 07:00 - 08:10 WIB

    Kerjakan Latihan soal dibawah ini, kemudian hasil dikirim ke email bu widi!

    1. Apa yang dimaksud dengan politi etis dan jelaskan isi dari politik etis!Politik etis adalah program peningkatan kesejahteraan rakyat di wilayah jajahan Belanda. Dikenal dengan nama Trias Politica Van Denventer karena dibuat atas usulan Van Denventer yang berisi 3 program, yaitu:

    2. Kapan Kongres Pemuda ke-II dilaksanakan dan jelaskan 3 hasilnya!Kongres Pemuda ke-II dilaksankan di Jakarta tanggal 26-28 Oktober 1928.Menghasilkan 3 keputusan, yaitu:

    3. Apa yang dimaksud dengan perjuangan kooperatif dan nonkooperatif?

    4.  Kapan Kongres I Budi Utomo dilaksanakan dan sebutkan 3 hasilnya!
    5. Sebutkan 5 perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908!
    6. Sebutkan 5 faktor pendorong pergerakan nasional dari dalam negeri!
    7.  Sebutkan 5 faktor pendorong pergerakan nasional dari luar negeri!
    8.Mengapa pihak Belanda melarang pendirian Indische Partij?
    9.Jelaskan masing-masing 2 keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan dibidang politik, ekonomi, sosial,  dan budaya!
    10. Jelaskan secara singkat peranan pers dalam menumbuhkan kesadaran kebangsaan Indonesia !

    1. Materi kelas VIII 
    Bacalah di buku paket tentang ORGANISASI PERGERAKAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN, kemudian kerjakan soal dengan quizizz.Sebelumnya download aplikasinya.Pengerjaan langsung jawab saja, kemudian kalau sudah selesai screenshot kemudian kirim melalui WA saya.Waktu pukul 12:00 - 13:20 wib.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.