Rabu, 15 April 2020

BAHASA INDONESIA KELAS 8

SOAL TES DARING BAHASA INDONESIA, RABU , 15 MARET 2020

TES  DARING
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VIII  TAHUN 2019 - 2020

A. Pilihlah jawaban yang tepat dengan mengasir huruf A, B, C, atau D di jawaban yang tepat!
1. Perhatikan data buku berikut!
Judul Buku             : Mawar Cintaku
Penulis                    : Adiffa
Penerbit                  : PT Angkasa
Tahun                      : 2009
Keunggulan:
1.      Isi buku menarik
2.      Bahasa komunikatif
Kelemahan          : Ilustrasi gambar kurang
Teks ulasan yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah …
     A. Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang,    kertas yang digunakan terlalu tipis.
     B.  Buku ini isinya sangat menarik dan bahasanya tidak sulit, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
     C. Cover buku sangat menarik. Selain itu bahasanya Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
     D.  Buku ini isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
2.    Perhatikan data buku berikut!
Judul                         : Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis                    : Edi Warsidi
Penerbit                  : CV Alibaba, Manokwari
Tahun                      : 2010
Keunggulan           : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan            : Sampul buku kurang sesuai
Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
     A.  Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
     B.  Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
      C.  Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh.
     D.  Buku Jangan Mau Jadi Pembolos karya Edi Warsidi yang diterbitkan oleh  CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup baik untuk dibaca. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
3. Berikut ini merupakan tujuan dibuatnya teks ulasan, kecuali ….
            A.  menambah pengetahuan                C.  mencari kelemahan suatu karya
            B.  memunculkan sifat apresiatif        D.  memperkuat daya kritik
4. Perhatikan kalimat berikut!
Di dalam novel Dylan dijelaskan bahwa Milea jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.
Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
            A.  konjungsi penyebab                                  C.  konjungsi temporal
            B.  konjungsi penerang                                   D.  kalimat saran
5. Perhatikan kalimat berikut!
Novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan.
Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
            A.  konjungsi penyebab                                  C.  konjungsi temporal
            B.  konjungsi penerang                                    D.  kalimat saran
6. Perhatikan kalimat berikut!
Sejak kejadian di malam itu, Dini tidak mau keluar kamar. Dia masih sangat takut dengan kegelapan dan kesunyian malam.
Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
            A.  konjungsi penyebab                                  C.  konjungsi temporal
            B.  konjungsi penerang                                    D.  kalimat saran
7 Struktur teks ulasan tersebut adalah ….
            A.  orientasi – peristiwa dan masalah – reorientasi
            B.  orientasi – sinopsis – analisis – kelemahan dan keunggulan
            C.  orientasi – komplikasi – resolusi – koda
            D.  orientasi – argumentasi – penegasan ulang
8. Rumusan akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan ...
            A. simpulan                 B. ajakan                                 C. argumentasi                        D. fakta
9. Berikut adalah langkah-langkah untuk merumuskan simpulan, kecuali ...
            A. Membaca keseluruhan isi teks.      
            B. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu.
            C. Memahami hubungan logis antarbagian penting teks itu
            D. Mencatat ulang antar bagian penting teks itu
10. Struktur teks persuasi adalah ...
            A. Pengenalan isu - pernyataan ajakan - rangkaian argumen - penegasan kembali.
            B. Pengenalan isu - rangkaian argumen - pernyataan ajakan - penegasan kembali.
            C. Pernyataan ajakan - pengenalan isu - rangkaian argumen - penegasan kembali.
            D. Rangkaian argumen - pernyataan ajakan - pengenalan isu - penegasan kembali
11. Ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah merupakan ciri kebahasaan teks persuasi dari struktur ....
            A. Penegasan kembali                         C. Pernyataan ajakan
            B. Pengenalan isu                                D. Rangkaian argumen
12. Berikut adalah ciri kebahasaan teks persuasi, kecuali ...
            A. menggunakan kata kerja mental.                            C. menggunakan kata penghubung urutan
            B. menggunakan kata penghubung argumentatif.      D. menggunakan kata-kata perujukan

13. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali....
           
A. menghafal teks                                           C. latihan vokal
           
B. memahami cerita                                        D. meditasi dan mediasi
14. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan melaui beberapa hal berikut, kecuali...
           
A. gerak                                                          C. ekspresi
           
B. bloking                                                       D. mimik
15. Sifat dasar yang harus diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan sifat yang dimiliki disebut....
      
A. akting                                                         C. perwatakan
      
B. laku                                                             D. ekspresi
16. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut...
      
A. monolog                                                     C. prolog
      
B. pantomim                                                   D. kramagung
17. Pada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran aka dimainkan. Tahapan ini disebut...
      
A. akting                                                         C. bloking
      
B. casting                                                        D. editing
18. Romeo : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan untuk cinta yang kudapatkan akan kutaruhkan segalanya. Tapi......aku seorang Montague.....
Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah....
      
A. kepercayaan                                               C. percintaan
      
B. persahabatan                                               D. pertentangan keluarga
19. Cermati teks drama berikut!
Dahlan  : Kamis malam Jumat. Jumat apa?
Rosana : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada     hari Jumat Kliwon?
Dahlan : Ya, betut! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya.
Rosana : Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna
Dahlan : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan?
Rosana : Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya?
Dahlan : Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi)
Rosana : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual!
Dahlan : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi!
Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan drama di atas adalah....
           
A. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur
           
B. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan
           
C. sifat buruk menurun pada anak
           
D. manusia berusaha untuk sempurna
20. Naskah drama disusun dalam bentuk...
           
A. Dialog                                            C. Epilog
           
B. Prolog                                             D. Monolog
21. Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut...
           
A. Dialog                                            C. Amanat
           
B. Isi Drama                                        D. Tokoh
22. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku fiksi dan buku nonfiksi, kecuali.....
             A. Membantu pembaca mengetahui citra dan evaluasi umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
            B. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
            C. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
            D. Memberi evaluasi pada karya yang dibentuk sendiri

23. Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau dongeng yang dibentuk berdasarkan....
A. Kenyataan                                                  C. Khayalan atau imajinasi pengarang
B. Kesuksesan seseorang                                D. Ide penulis
24. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan...., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
A. Opini                                                          D. Pandangan seseorang
B. Pendapat                                                    D. fakta

25. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan .... bagi para pembacanya.
A. Pengetahuan                                               C. Pelajaran hidup
B. Nilai keidupan                                            D. Motivasi

26. Setiap pembaca diberi kebebasan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan....
A. Hobi dan ketubutuhan                               C. Hobi
B. Kebutuhan                                                  D. Peluang

27. Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca, karena mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh....
A. Minat baca                                                 C. Keinginan
B. Kebutuhan dan pengetahuan                     D. Kemauan untuk membaca

28. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan tersebut   merupakan definisi dari....
A. Membaca                                                    C. Menganalisa
B. Mengabtraksi                                              D. Menelaah

29. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan....
A. Struktur dan kebahasaan                            C. Intrinsik dan ekstrinsik
B. Nilai dan kehidupan                                   D. Kebahasaan dan unsur

30. Bacalah kutipan berikut ini!
Susunan kalimat yang dipakai dalam buku ini sederhana dan memakai istilah yang terkenal dalam masyarakat, sehingga pembaca gampang memahami isinya. Meskipun demikian masih ada beberapa kesalahan penulisan yang masih perlu diperbaiki.
       hal yang dikomentari dalam kutipan di atas adalah .
            A. Isi buku                                                     C. Tampilan fisik buku
            B. Bahasa buku                                               D. Tampilan huruf buku
31. Perhatikan kutipan buku berikut !
       Cak  Galon  pergi sendirian . Dia berjalan lunglai meninggalkan sekolah. Pikirannya sudah di rumah untuk sanggup membantu orang tua menjaga toko. Dia resah harus terlebih dulu melaksanakan apa. membantu bapaknya di toko ataukah harus membantu ibunya membuat kuwe untuk dijual. Semakin teringat hal itu, Cak Galon semakin cepat melangkahkan kakinya.
       Kutipan di atas termasuk kategori fiksi karena ....
       A. berisi klarifikasi perihal anak sekolah yang baik
       B.  menceritakan tokoh yang mempunyai konflik.
       C. Cara - cara menjadi anak sekolah yang baik
       D.  berupa kejadian orang bau tanah yang dibantu anaknya

32. Perhatikan indeks berikut!
       aliran udara 10, 11, 25, 16, 18, 22
daya angkut 5, 10, 11, 15, 21, 22, 24, 25, 27
mendarat 5, 16, 18, 19, 22, 26
penumpang 6, 7, 19, 26, 29
Berdasarkan cuplikan indeks tersebut, pada halaman 22 terdapat istilah …
A.aliran udara, daya angkut, penumpang
B.daya angkut, mendarat, penumpang
C.aliran udara, daya angkut, mendarat
D.aliran udara, mendarat, penumpang

33. Secara umum, indeks dibedakan menjadi 2 yaitu:
       A. Indeks pengarang dan indek rincian topik.
       B. Indeks pengarang dan indek topik
       C. Indeks topik dan indeks rincian topik
       D. Indek topik dan halaman .

34. Bacalah penggalan teks persuasif  berikut !
       Bapak / Ibu guru dan teman yang saya cintai, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih, orang lain pun tidak segan untuk mencontoh  kebiasaan baik kita. Kita sebagai penghuni sekolah juga terkena dampak positifnya. Lingkungan sekolah yang bersih membuat warga sekolah merasa nyaman. Kegiatan belajar mengajar pun menjadi nyaman.
       Isi teks tersebut adalah . . . .
       A. Dampak lingkungan sekolah yang bersih.                   C. Manfaat menjaga kebersihan lingkungan
       B. Kenyamanan belajar di sekolah                                   D. Tindakan mencegah berbagai penyakit.
35. Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen l :
Pernah ayah marah, ketika Arsim berkata kepada ibu, bahwa ia ingin menjadi perempuan. Ia merasa tenteram mengenakan baju perempuan, terutama mengenakan rok. Cita-cita Arsim membuka salon di samping rumah.
       Karena ayah, juga keluarga yang lain tidak setuju melihat Arsim, tiba-tiba Arsim menghilang dari rumah. Hingga saat ini, kami tidak tahu di mana Arsim berada. Pada mula-mula Arsim hilang, kami semua cemas. Hampir enam bulan Arsim dicari, tak juga bertemu. Terpaksa kami merelakannya, dalam arti jika ia bagian dari keluarga kami, suatu saat ia kembali.

Cerpen ll :
“Ya, Wagiyo kawan sampean itu sudah memperingatkan bahwa perkutut temuannya itu
rajapati. Berbahaya. Kabarnya Cuma orang berpan           gkat yang sanggup memeliharanya. Kabarnya malah sampeyan telah menawarnya tiga puluh ribu . . . .”
“Ya, benar. Tapi bagaimana burung celaka itu sampai membawa kematian?”
“Istrinya sangat percaya sama omongan Wagiyo. Sepulangnya orang itu, Si Pinah, ipar sampean itu bersikeras agar menjual saja burung itu. Dirsan tidak memperbolehkan. Terbawa oleh ketakutan yang makin memuncak binatang itu dilepas Si Pinah tadi malam. Tapi buktinya burung itu jodoh dengan Dirsan, buktinya pagi harinya binatang itu tidak terbang jauh. Burung itu bertengger di pucuk bambu dekat pohon kelapa itu untuk mendapatkan burung itu kembali. Dan itulah, karena begitu bernafsunya ia pada burung itu hingga ia terpeleset dan jatuh.”
“Oh, astagfirullah.”
Perbedaan pola pengembangan pada kedua cerpen tersebut adalah :

Kutipan l
Kutipan ll
A.
menggunakan alur maju
menggunakan alur sorot balik
B.
menggunakan alur sorot balik
menggunakan alur maju
C.
menggunakan alur maju
menggunakan alur campuran
D.
menggunakan alur campuran
menggunakan alur maju

36. Bacalah nukilan cerpen berikut !
     Petruk seorang siswa SMP. Dia malu memiliki ayah seorang tukang bubur gerobak. Dia naik darah ketika melihat ayahnya berjualan di sekolahnya. Ayahnya tetap berpendapat bahwa pekerjaannya mulia dan tidak harus ditinggalkan. Petruk membandingkan ayahnya dengan ayah Dulan yang seorang pejabat yang selalu dibangga - banggakan . Setiap kali ayahnya hendak berangkat berjualan bubur, selalu mendapat kopi pahit dari Petruk.
     Makna ungkapan kopi pahit pada kutipan di atas adalah . ...
A. Kemarahan                                                 C. kopi yang terasa pahit                   
B. Kasih sayang                                              D. minuman untuk sarapan
37. Bacalah teks berikut !
     Kesepakatan damai itu dipandang tidak adil karena mengikat diri kedua belah biak. Keduanya masih menyimpan dendam meskipun masih bersaudara dan rumah mereka berdekatan.
     Makna ungkapan mengikat diri pada teks dia atas adalah ....
            A. mengundurkan diri                                     C. berusaha mengelak
            B. lari dari tanggung   jawab                          D. tidak memberi kebebasan
38. Bacalah pengegalan cerpen berikut!
Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Mereka
duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat
hidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang kakek
terdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu, seorang
pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis cantik bunga desa ini, dan mereka
pun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek satu-satunya.
Latar tempat pada cerita di atas adalah...
            A. di bawah pohon rindang                C. di hutan rimba
            B. di perkampungan.                           D. di jalan pedesaan
39. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama !
            Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
            ”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
           
A. kalimat pertama pada paragraf pertama                 C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
           
B. Kalimat kedua pada paragraph pertama                 D. Kalimat keempat pada paragraf kedua

40. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .
           
A. (1) dan (2)                                                  C.  (3) dan ( 4 )
            B. (2) dan (3)                                                  D. (1) dan ( 4 )

II. Bacalah cerita inspiratif berikut, jawablah pertanyaan di bawahnya!
Dahulu kala, hiduplah seorang Raja dan Ratu yang tidak memiliki anak. Hal ini membuat Raja dan Ratu sedih. Suatu hari Ratu berjalan di tepi sungai, tiba-tiba ada seekor ikan kecil mengangkat kepala dan keluar dari air sambil berkata  “Apa yang kau inginkan akan terpenuhi  dan kamu akan segera memiliki putri.”
Ramalan ikan tersebut benar, Ratu melahirkan putri kecil yang cantik. Raja sangat senang dan mengadakan pesta besar-besaran. Ia mengundang sanak keluarga, teman, rakyat, dan juga peri yang ada di kerajaan. Di kerajaan hanya ada dua belas piring emas, sehingga Raja hanya mengundang dua belas peri saja dan peri ketiga belas tidak diundang.
Setelah perjamuan, semua peri memberikan hadiah terbaiknya untuk putri kecil tersebut. Satu peri memberikan kebaikan, peri yang lain memberi kecantikan, kekayaan, dan begitu pula dengan peri yang lain. Setelah peri kesebelas memberikan berkah, peri ketiga belas yang tidak mendapat undangan membalas dendam dan berkata “Putri Raja saat usianya yang kelima belas akan tertusuk jarum jahit dan meninggal.” Peri kedua belas yang belum memberikan berkah maju dan berkata kutukan tersebut akan terjadi, sang Putri tidak akan meninggal tetapi akan tertidur selama seratus tahun.
Berkah yang diberikan semua peri terwujud, sang Putri sangat cantik, baik budi, ramah tamah, bijaksana, hingga semua orang mencintainya. Saat usia sang Putri lima belas tahun, Raja dan Ratu pergi dan sang Putri ditinggal sendiri di istana. Sang Putri menyusuri semua kamar satu persatu hingga ia sampai di sebuah menara tua. Saat membuka pintu, ia melihat seorang wanita sedang menjahit dan menyulam. Sang Putri mengambil jarum jahit dan mulai ikut  menyulam. Secara tidak sengaja sang Putri tertusuk jarum jahit, dan apa yang diramalkan peri ketiga belas terjadi. Sang Putri jatuh ke tanah dan tertidur pulas,  Raja dan Ratu yang baru pulang juga tertidur, kuda di kandang, anjing di halaman, burung merpati di atas atap, dan lalat di dinding, semua jatuh tertidur.
Tanaman-tanaman liar yang berada di sekitar istana tumbuh dan memagari istana. Setiap tahun bertambah tebal hingga menutupi semua tempat dan tidak kelihatan lagi. Kabar Putri cantik yang tertidur terdengar hingga ke pelosok negeri dan membuat anak raja dan pangeran mencoba masuk ke dalam istana itu. Tetapi mereka tidak berhasil  karena duri dan tanaman yang terhampar seolah menjerat mereka.
Setelah bertahun-tahun berlalu, orang tua bercerita kepada Pangeran tentang seorang putri raja yang cantik, tebalnya duri yang memagari istana dan betapa indahnya istana yang terselubung dengan duri. Kemudian Pangeran tersebut berkata “Semua cerita ini tidak akan menakutkan saya, saya akan pergi dan melihat Putri Tidur tersebut.” Meski orang tua tersebut melarang, Pangeran tetap memaksa untuk pergi.
Saat ini, seratus tahun telah berlalu. Ketika Pangeran datang ke semak belukar yang memagari istana, yang di lihat hanyalah tanaman indah yang dapat dilalui dengan mudah. Tanaman tersebut menutup kembali setelah Pangeran melaluinya. Saat Pangeran tiba di istana, dilihatnya anjing sedang tertidur, begitu juga kuda di kandang, dilihatnya burung merpati tertidur dengan kepala di bawah sayapnya, ketika masuk di istana, dia melihat lalat tertidur di dinding, dan tukang masak yang masih memegang rambut anak yang kelihatan meringis dalam tidur.
Ketika masuk ke dalam, semua terasa sunyi, hingga ia tiba di sebuah menara tua dimana Putri Tidur berada. Putri Tidur terlihat begitu cantik hingga sang Pangeran tidak dapat melepaskan matanya dari sang Putri. Sang Pangeran lalu berlutut dan mencium sang Putri hingga sang Putri membuka mata dan terbangun sambil tersenyum kepada sang Pangeran.
Mereka keluar dari menara dan saat itu Raja dan Ratu juga telah terbangun termasuk menterinya. Kuda di kandang pun terbangun dan meringkik, anjing-anjing melompat dan menggonggong, burung merpati mengeluarkan kepala dari bawah sayapnya dan terbang, lalat berterbangan, dan api di dapur kembali menyala. Akhirnya, Raja dan Ratu mengadakan pesta pernikahan untuk sang Putri dan Pangeran yang berakhir dengan kebahagiaan sepanjang hidup mereka.
1. Jelaskan  tema cerita di atas ? dan tulislah kutipan yang mendukung tema yang kamu sebutkan !
2. Jelaskan alur yang digunakan dalam cerita di atas  ? lengkap dengan bagiannya!
3. Siapakan tokoh protagonis , antagonis, dan tritagonis dalam cerita tersebut ?
4. Cerita di atas menggunakan sudut pandang apa ? Buktikan !
5. Tulislah 3 ( Tiga )  inspirasi apa saja yang dapat kita ambil dari cerita tersebut

JAWABAN

Nama              :

Kelas. No        :


PILIHAN GANDA

1.                 6.                11.                16.                   21.                   26.               31.               36.

2.                 7.                12.                17.                   22.                   27.               32.               37.

3.                 8.                13.                18.                   23.                   28.               33.               38.

4.                 9.                14.                19.                   24.                   29.               34.               39.

5.                10.               15.                20.                   25.                   30.               35.               40.     

URAIAN

1. Tema
      a. . . . .
Ø  Bukti Kutipan
2. Alur
Ø  Alur . . . .
v  Tahap Awal : dimulai dari ....... , dan berakhir ...........
v  Tahap Tengah : diwarnai .......; sampai .....................
v  Tahap Akhir : Klimaks ceritanya dapat disimpulkan bahwa .........................
3. Tokoh - Tokohnya
Ø  Tokoh Protagonis :  
Ø  Tokoh Antagonis : 
Ø  Tokoh Tritagonis :
4. Sudut pandang
Ø  sudut pandang orang  ke .......
v  dibuktikan dengan ..............................
5. Inspirasi yang dapat diambil dari cerita :
Ø  ......................
Ø  ......................

Ø  ......................

                                                  SELAMAT MENGERJAKAN
#################################################################################

MATERI BELAJAR SELAMA SATU MINGGU KE DEPAN
KELAS 8 - A  HARI SELASA DAN RABU 31 MARET DAN 1 APRIL 2020
KELAS 8 - B  HARI SENIN, DAN KAMIS, 30 MARET DAN 2 APRIL 2020

Tugas kelas 8-A, Selasa, 31 Maret 2020 dan  Rabu, 1 April 2020
Tugas Kelas 8-B, Senin, 30 Maret 2020 dan Kamis , 2 April 2020
Tema : Teks Drama
1. Carilah sebuah teks drama dari buku atau internet, kemudian identifikasi drama yang kalian temukan itu berdasarkan unsur pembentuknya ( tema, alur, latar, tokoh dan perwatakannya, dan amanatnya
2. Tulislah sinopsis teks drama tersebut dalam satu paragraf.
Hasil mohon dikirim japri paling lambat hari Jumat, 3 April 2020 pkl. 23.59.  

Selamat berlatih, Semoga Tuhan memberkati.

Teriring doa semoga kita semua sehat.


+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

TUGAS MINGGU INI, MULAI 22 MARET 2020
TUGAS MANDIRI BELAJAR DI RUMAH  8 - A dan B selama satu minggu ke depan
Jawaban ditulis di kertas boleh folio boleh HVS, dikumpulkan saat masuk!

Ubahlah Cerita Berikut Menjadi Teks Drama !
Nasihat dari Penjual Bakmi
Ana bertengkar hebat dengan ibunya. Penuh amarah yang membuncah, akhirnya Ana meninggalkan rumah tanpa membawa apapun. Dalam perjalanannya, ia baru menyadari sama sekali tdk membawa uang.
Saat menyusuri sebuah jalan, ia melewati sebuah kedai dan mencium harumnya aroma masakan sang pedagang bakmi. Ia ingin sekali memesan semangkuk, tetapi tak sepeser uang pun di kantongnya.

Pemilik kedai melihat Ana berdiri cukup lama di depan kedainya, lalu berkata “Nona, apakah engkau ingin memesan semangkuk bakmi?”
” Ya, tetapi, aku tidak membawa uang,” jawab Ana dengan malu-malu
“Tidak apa-apa, aku akan mentraktirmu” jawab si pemilik kedai. “Silahkan duduk, aku akan memasakkan bakmi untukmu”.
Tidak lama kemudian, pemilik kedai itu mengantarkan semangkuk bakmi. Ana segera makan beberapa suap, kemudian air matanya mulai berlinang..
“Ada apa nona?” tanya si pemilik kedai.
“Tidak apa-apa. Aku hanya terharu,” jawab Ana sambil mengeringkan air matanya.
“Bahkan, seorang yang baru kukenal pun memberi aku semangkuk bakmi. Tetapi ibuku sendiri, setelah bertengkar denganku, mengusirku dari rumah dan mengatakan kepadaku agar jangan kembali lagi ke rumah,” ucapan Ana disertai sedu-sedan sambil meneruskan curahan hatinya, “Kau, seorang yang baru kukenal, tetapi begitu peduli denganku dibandingkan dengan ibu kandungku sendiri.”
Pemilik kedai setelah mendengar perkataan Ana menarik nafas panjang…
“Nona mengapa kau berpikir seperti itu? Renungkanlah hal ini. Aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu. Ibumu telah memasak bakmi dan nasi untukmu saat kau kecil sampai saat ini, mengapa kau tidak berterima kasih kepadanya? Dan, kau malah bertengkar dengannya.”
Ana, terhenyak mendengar hal tersebut. “Mengapa aku tdk berpikir tentang itu? Untuk semangkuk bakmi dari orang yang baru kukenal, aku begitu berterima kasih, tetapi kepada ibuku yg memasak untukku selama bertahun-tahun, aku bahkan tidak memperlihatkan kepedulianku kepadanya. Dan, hanya karena persoalan sepele, aku bertengkar dengannya.
Ana, segera menghabiskan bakminya, lalu ia menguatkan dirinya untuk segera pulang ke rumahnya. Saat berjalan ke rumah, ia memikirkan kata-kata yg harus diucapkan kepada ibunya.
Begitu sampai di ambang pintu rumah, ia melihat ibunya dengan wajah letih dan cemas. Ketika bertemu dengan Ana, kalimat pertama yang keluar dari mulutnya adalah “Ana kau sudah pulang, cepat masuklah, aku telah menyiapkan makan malam dan makanlah dahulu sebelum kau tidur. Makanan akan menjadi dingin jika kau tidak memakannya sekarang”.
Pada saat itu Ana tidak dapat menahan tangisnya. Ia langsung bersimpuh penuh air mata dihadapan ibunya.
Sekali waktu, kita mungkin akan sangat berterima kasih kepada orang lain di sekitar kita untuk suatu pertolongan kecil yang diberikan kepada kita. Tetapi kepada orang yang sangat dekat (keluarga) khususnya orang tua, kita semestinya berterima kasih hingga habis usia dilekang waktu.
JAWABAN
Nasihat dari Penjual Bakmi
1. Narator
2. Narator
3. Narator
4. Pemilik Kedai     :
5. Ana                     :
6. Pemilik Kedai     :
7. Narator
8. Pemilik Kedai     :
9. Ana                     :
10. Pemilik Kedai     :
11. Ana                     :
12. Narator

13. Ibu                        :

14. Narator


_______________________________________________________________________________
TUGAS KELAS 8 - B HARI  KAMIS , 19 MARET 2020 JAM 1-3
TOLONG JAWABAN DI JAPRI KIRIM LEWAT  WA. NO. 081-259-281-14

Bacalah cerita inspiratif berikut, jawablah pertanyaan di bawahnya!
Dahulu kala, hiduplah seorang Raja dan Ratu yang tidak memiliki anak. Hal ini membuat Raja dan Ratu sedih. Suatu hari Ratu berjalan di tepi sungai, tiba-tiba ada seekor ikan kecil mengangkat kepala dan keluar dari air sambil berkata  “Apa yang kau inginkan akan terpenuhi  dan kamu akan segera memiliki putri.”
Ramalan ikan tersebut benar, Ratu melahirkan putri kecil yang cantik. Raja sangat senang dan mengadakan pesta besar-besaran. Ia mengundang sanak keluarga, teman, rakyat, dan juga peri yang ada di kerajaan. Di kerajaan hanya ada dua belas piring emas, sehingga Raja hanya mengundang dua belas peri saja dan peri ketiga belas tidak diundang.
Setelah perjamuan, semua peri memberikan hadiah terbaiknya untuk putri kecil tersebut. Satu peri memberikan kebaikan, peri yang lain memberi kecantikan, kekayaan, dan begitu pula dengan peri yang lain. Setelah peri kesebelas memberikan berkah, peri ketiga belas yang tidak mendapat undangan membalas dendam dan berkata “Putri Raja saat usianya yang kelima belas akan tertusuk jarum jahit dan meninggal.” Peri kedua belas yang belum memberikan berkah maju dan berkata kutukan tersebut akan terjadi, sang Putri tidak akan meninggal tetapi akan tertidur selama seratus tahun.
Berkah yang diberikan semua peri terwujud, sang Putri sangat cantik, baik budi, ramah tamah, bijaksana, hingga semua orang mencintainya. Saat usia sang Putri lima belas tahun, Raja dan Ratu pergi dan sang Putri ditinggal sendiri di istana. Sang Putri menyusuri semua kamar satu persatu hingga ia sampai di sebuah menara tua. Saat membuka pintu, ia melihat seorang wanita sedang menjahit dan menyulam. Sang Putri mengambil jarum jahit dan mulai ikut  menyulam. Secara tidak sengaja sang Putri tertusuk jarum jahit, dan apa yang diramalkan peri ketiga belas terjadi. Sang Putri jatuh ke tanah dan tertidur pulas,  Raja dan Ratu yang baru pulang juga tertidur, kuda di kandang, anjing di halaman, burung merpati di atas atap, dan lalat di dinding, semua jatuh tertidur.
Tanaman-tanaman liar yang berada di sekitar istana tumbuh dan memagari istana. Setiap tahun bertambah tebal hingga menutupi semua tempat dan tidak kelihatan lagi. Kabar Putri cantik yang tertidur terdengar hingga ke pelosok negeri dan membuat anak raja dan pangeran mencoba masuk ke dalam istana itu. Tetapi mereka tidak berhasil  karena duri dan tanaman yang terhampar seolah menjerat mereka.
Setelah bertahun-tahun berlalu, orang tua bercerita kepada Pangeran tentang seorang putri raja yang cantik, tebalnya duri yang memagari istana dan betapa indahnya istana yang terselubung dengan duri. Kemudian Pangeran tersebut berkata “Semua cerita ini tidak akan menakutkan saya, saya akan pergi dan melihat Putri Tidur tersebut.” Meski orang tua tersebut melarang, Pangeran tetap memaksa untuk pergi.
Saat ini, seratus tahun telah berlalu. Ketika Pangeran datang ke semak belukar yang memagari istana, yang di lihat hanyalah tanaman indah yang dapat dilalui dengan mudah. Tanaman tersebut menutup kembali setelah Pangeran melaluinya. Saat Pangeran tiba di istana, dilihatnya anjing sedang tertidur, begitu juga kuda di kandang, dilihatnya burung merpati tertidur dengan kepala di bawah sayapnya, ketika masuk di istana, dia melihat lalat tertidur di dinding, dan tukang masak yang masih memegang rambut anak yang kelihatan meringis dalam tidur.
Ketika masuk ke dalam, semua terasa sunyi, hingga ia tiba di sebuah menara tua dimana Putri Tidur berada. Putri Tidur terlihat begitu cantik hingga sang Pangeran tidak dapat melepaskan matanya dari sang Putri. Sang Pangeran lalu berlutut dan mencium sang Putri hingga sang Putri membuka mata dan terbangun sambil tersenyum kepada sang Pangeran.
Mereka keluar dari menara dan saat itu Raja dan Ratu juga telah terbangun termasuk menterinya. Kuda di kandang pun terbangun dan meringkik, anjing-anjing melompat dan menggonggong, burung merpati mengeluarkan kepala dari bawah sayapnya dan terbang, lalat berterbangan, dan api di dapur kembali menyala. Akhirnya, Raja dan Ratu mengadakan pesta pernikahan untuk sang Putri dan Pangeran yang berakhir dengan kebahagiaan sepanjang hidup mereka.
1. Jelaskan  tema cerita di atas ? dan tulislah kutipan yang mendukung tema yang kamu sebutkan !
2. Jelaskan alur yang digunakan dalam cerita di atas  ?
3. Siapakan tokoh protagonis , antagonis, dan tritagonis dalam cerita tersebut ?
4. Cerita di atas menggunakan sudut pandang apa ? Buktikan !
5. Tulislah 3 ( Tiga )  inspirasi apa saja yang dapat kita ambil dari cerita tersebut
Selamat bekerja semoga Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.