TES DARING
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VIII TAHUN 2019 - 2020
A. Pilihlah jawaban yang tepat
dengan mengasir
huruf A, B, C, atau D di jawaban yang
tepat!
1. Perhatikan data buku berikut!
Judul
Buku :
Mawar Cintaku
Penulis
: Adiffa
Penerbit
: PT Angkasa
Tahun
: 2009
Keunggulan:
1. Isi buku menarik
2. Bahasa komunikatif
Kelemahan
: Ilustrasi gambar kurang
Teks ulasan yang tepat
berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah …
A. Buku ini
isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang digunakan terlalu tipis.
B. Buku ini
isinya sangat menarik dan bahasanya tidak sulit, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat
menunjang isi buku.
C. Cover buku sangat
menarik. Selain itu bahasanya Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi
gambar yang dapat menunjang isi buku.
D. Buku ini
isinya sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang
dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
2. Perhatikan data buku
berikut!
Judul
: Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis
: Edi Warsidi
Penerbit
: CV Alibaba, Manokwari
Tahun
: 2010
Keunggulan
: Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan
: Sampul buku kurang sesuai
Teks ulasan yang tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Buku Jangan
Mau Jadi Pembolos
karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup
berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa
sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
B. Buku karya
Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup
berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya
yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C. Buku karya
Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup
berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya
yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan
membuat pembaca jenuh.
D. Buku Jangan
Mau Jadi Pembolos
karya Edi Warsidi yang diterbitkan oleh CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup baik
untuk dibaca. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik.
Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
3. Berikut ini merupakan tujuan dibuatnya teks ulasan,
kecuali ….
A. menambah pengetahuan C. mencari kelemahan suatu
karya
B. memunculkan sifat
apresiatif D. memperkuat daya kritik
4. Perhatikan kalimat berikut!
Di dalam novel Dylan dijelaskan bahwa Milea
jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.
Unsur kebahasaan yang
digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
A. konjungsi penyebab C. konjungsi
temporal
B. konjungsi penerang D. kalimat saran
5. Perhatikan kalimat berikut!
Novel ini sangat cocok dibaca
oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa
diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini
sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan.
Unsur kebahasaan yang
digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
A. konjungsi penyebab C. konjungsi
temporal
B. konjungsi penerang D. kalimat saran
6. Perhatikan kalimat berikut!
Sejak kejadian di
malam itu, Dini tidak mau keluar kamar. Dia masih sangat takut dengan kegelapan
dan kesunyian malam.
Unsur kebahasaan yang
digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ….
A. konjungsi penyebab C. konjungsi
temporal
B. konjungsi penerang D. kalimat saran
7 Struktur teks ulasan tersebut
adalah ….
A. orientasi – peristiwa
dan masalah – reorientasi
B. orientasi – sinopsis –
analisis – kelemahan dan keunggulan
C. orientasi – komplikasi –
resolusi – koda
D. orientasi – argumentasi
– penegasan ulang
8. Rumusan
akhir tentang sesuatu yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita
terhadap keseluruhan isi teks itu disebut dengan ...
A. simpulan B. ajakan C. argumentasi D. fakta
9. Berikut adalah langkah-langkah untuk merumuskan
simpulan, kecuali ...
A. Membaca keseluruhan isi teks.
B. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks
itu.
C.
Memahami hubungan logis antarbagian penting teks itu
D. Mencatat ulang antar bagian penting teks itu
10. Struktur teks persuasi adalah ...
A. Pengenalan isu - pernyataan ajakan - rangkaian
argumen - penegasan kembali.
B. Pengenalan isu - rangkaian argumen - pernyataan
ajakan - penegasan kembali.
C. Pernyataan ajakan - pengenalan isu - rangkaian
argumen - penegasan kembali.
D. Rangkaian argumen - pernyataan ajakan -
pengenalan isu - penegasan kembali
11.
Ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah
merupakan ciri kebahasaan teks persuasi dari struktur ....
A. Penegasan kembali C. Pernyataan ajakan
B.
Pengenalan isu D. Rangkaian argumen
12. Berikut adalah ciri kebahasaan teks persuasi,
kecuali ...
A. menggunakan kata kerja mental. C. menggunakan kata
penghubung urutan
B. menggunakan kata penghubung argumentatif. D. menggunakan kata-kata perujukan
13. Berikut ini termasuk persiapan pementasan
drama, kecuali....
A. menghafal teks C. latihan vokal
B. memahami cerita D. meditasi dan mediasi
A. menghafal teks C. latihan vokal
B. memahami cerita D. meditasi dan mediasi
14. Watak atau karakter tokoh dalam
drama dapat ditampilkan melaui beberapa hal berikut, kecuali...
A. gerak C. ekspresi
B. bloking D. mimik
A. gerak C. ekspresi
B. bloking D. mimik
15. Sifat dasar yang harus
diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan
sifat yang dimiliki disebut....
A. akting C. perwatakan
B. laku D. ekspresi
A. akting C. perwatakan
B. laku D. ekspresi
16. Kalimat dalam teks
drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan
disebut...
A. monolog C. prolog
B. pantomim D. kramagung
A. monolog C. prolog
B. pantomim D. kramagung
17. Pada tahap persiapan
pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang
sesuai dengan peran aka dimainkan. Tahapan ini disebut...
A. akting C. bloking
B. casting D. editing
A. akting C. bloking
B. casting D. editing
18. Romeo : Petunjuk cinta
yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan untuk cinta yang kudapatkan
akan kutaruhkan segalanya. Tapi......aku seorang Montague.....
Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah....
A. kepercayaan C. percintaan
B. persahabatan D. pertentangan keluarga
Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah....
A. kepercayaan C. percintaan
B. persahabatan D. pertentangan keluarga
19. Cermati teks drama berikut!
Dahlan : Kamis malam Jumat. Jumat apa?
Rosana :
Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon?
Dahlan : Ya,
betut!
Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada
tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan
kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya.
Rosana :
Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna
Dahlan : Ya,
jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak
pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit
jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan?
Rosana :
Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya?
Dahlan :
Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi)
Rosana :
Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan?
Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual!
Dahlan :
Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang
sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi!
Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan
drama di atas adalah....
A. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur
B. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan
C. sifat buruk menurun pada anak
D. manusia berusaha untuk sempurna
20. Naskah drama disusun dalam bentuk...
A. Dialog C. Epilog
B. Prolog D. Monolog
21. Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut...
A. Dialog C. Amanat
B. Isi Drama D. Tokoh
A. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur
B. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan
C. sifat buruk menurun pada anak
D. manusia berusaha untuk sempurna
20. Naskah drama disusun dalam bentuk...
A. Dialog C. Epilog
B. Prolog D. Monolog
21. Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para penonton disebut...
A. Dialog C. Amanat
B. Isi Drama D. Tokoh
22. Berikut ini termasuk tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku
fiksi dan buku nonfiksi, kecuali.....
A. Membantu
pembaca mengetahui citra dan evaluasi umum dari sebuah buku atau hasil karya
lainnya secara ringkas.
B. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
C. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
D. Memberi evaluasi pada karya yang
dibentuk sendiri
23. Buku
fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau dongeng yang dibentuk berdasarkan....
A.
Kenyataan C. Khayalan atau
imajinasi pengarang
B.
Kesuksesan seseorang D. Ide penulis
24. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan...., realita, atau hal-hal yang
benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
A. Opini D. Pandangan
seseorang
B. Pendapat D. fakta
25. Ada banyak jenis buku di Indonesia. Mulai dari buku fiksi yang menghibur
hingga buku nonfiksi yang banyak memberikan .... bagi para pembacanya.
A. Pengetahuan C. Pelajaran hidup
B. Nilai keidupan D. Motivasi
26. Setiap pembaca diberi kebebasan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang
disesuaikan dengan....
A. Hobi dan ketubutuhan C. Hobi
B. Kebutuhan D. Peluang
27. Buku nonfiksi lebih populer dikalangan pembaca yang tidak terlalu hobi
membaca, karena mereka membeli buku-buku tersebut
terdesak oleh....
A. Minat baca C.
Keinginan
B.
Kebutuhan dan pengetahuan D. Kemauan untuk membaca
28. Kegiatan mengkaji struktur dan bahasa teks secara mendalam. Pernyataan
tersebut merupakan definisi dari....
A. Membaca C. Menganalisa
B. Mengabtraksi D. Menelaah
29. Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu
analisis berdasarkan....
A. Struktur dan kebahasaan C. Intrinsik dan ekstrinsik
B. Nilai dan kehidupan D. Kebahasaan dan unsur
30. Bacalah kutipan berikut ini!
Susunan kalimat yang dipakai dalam buku ini sederhana dan memakai istilah yang terkenal dalam masyarakat, sehingga pembaca gampang memahami isinya. Meskipun demikian masih ada beberapa kesalahan penulisan yang masih perlu diperbaiki.
Susunan kalimat yang dipakai dalam buku ini sederhana dan memakai istilah yang terkenal dalam masyarakat, sehingga pembaca gampang memahami isinya. Meskipun demikian masih ada beberapa kesalahan penulisan yang masih perlu diperbaiki.
hal
yang dikomentari dalam kutipan di atas adalah .
A. Isi buku C. Tampilan fisik buku
B. Bahasa buku D. Tampilan huruf buku
31. Perhatikan kutipan buku berikut !
Cak Galon
pergi sendirian . Dia berjalan lunglai meninggalkan sekolah. Pikirannya
sudah di rumah untuk sanggup membantu orang tua menjaga toko. Dia resah harus
terlebih dulu melaksanakan apa. membantu bapaknya di toko ataukah harus
membantu ibunya membuat kuwe untuk dijual. Semakin teringat hal itu, Cak Galon semakin
cepat melangkahkan kakinya.
Kutipan di atas termasuk
kategori fiksi karena ....
A. berisi klarifikasi perihal
anak sekolah yang baik
B. menceritakan tokoh yang mempunyai konflik.
C.
Cara - cara menjadi anak sekolah yang baik
D. berupa kejadian orang bau tanah yang dibantu
anaknya
32. Perhatikan indeks berikut!
aliran udara 10, 11, 25, 16, 18, 22
daya angkut 5, 10, 11, 15, 21, 22, 24, 25, 27
mendarat 5, 16, 18, 19, 22, 26
penumpang 6, 7, 19, 26, 29
Berdasarkan cuplikan indeks tersebut, pada halaman 22 terdapat istilah …
A.aliran udara, daya angkut, penumpang
B.daya angkut, mendarat, penumpang
C.aliran udara, daya angkut, mendarat
D.aliran udara, mendarat, penumpang
daya angkut 5, 10, 11, 15, 21, 22, 24, 25, 27
mendarat 5, 16, 18, 19, 22, 26
penumpang 6, 7, 19, 26, 29
Berdasarkan cuplikan indeks tersebut, pada halaman 22 terdapat istilah …
A.aliran udara, daya angkut, penumpang
B.daya angkut, mendarat, penumpang
C.aliran udara, daya angkut, mendarat
D.aliran udara, mendarat, penumpang
33. Secara umum, indeks dibedakan menjadi 2 yaitu:
A. Indeks pengarang dan indek
rincian topik.
B. Indeks pengarang dan indek topik
C. Indeks topik dan indeks rincian
topik
D. Indek topik dan halaman .
34. Bacalah penggalan teks persuasif berikut !
Bapak /
Ibu guru dan teman yang saya cintai, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara
terbaik dalam mencegah berbagai penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan dapat
dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih,
orang lain pun tidak segan untuk mencontoh
kebiasaan baik kita. Kita sebagai penghuni sekolah juga terkena dampak
positifnya. Lingkungan sekolah yang bersih membuat warga sekolah merasa nyaman.
Kegiatan belajar mengajar pun menjadi nyaman.
Isi teks tersebut adalah . . . .
A. Dampak lingkungan sekolah yang bersih. C. Manfaat menjaga kebersihan lingkungan
B. Kenyamanan belajar di sekolah D.
Tindakan mencegah berbagai penyakit.
35.
Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen
l :
Pernah ayah marah, ketika Arsim berkata kepada ibu, bahwa
ia ingin menjadi perempuan. Ia merasa tenteram mengenakan baju perempuan,
terutama mengenakan rok. Cita-cita Arsim membuka salon di samping rumah.
Karena ayah, juga keluarga yang lain tidak setuju melihat Arsim, tiba-tiba Arsim menghilang dari rumah. Hingga saat ini, kami tidak tahu di mana Arsim berada. Pada mula-mula Arsim hilang, kami semua cemas. Hampir enam bulan Arsim dicari, tak juga bertemu. Terpaksa kami merelakannya, dalam arti jika ia bagian dari keluarga kami, suatu saat ia kembali.
Karena ayah, juga keluarga yang lain tidak setuju melihat Arsim, tiba-tiba Arsim menghilang dari rumah. Hingga saat ini, kami tidak tahu di mana Arsim berada. Pada mula-mula Arsim hilang, kami semua cemas. Hampir enam bulan Arsim dicari, tak juga bertemu. Terpaksa kami merelakannya, dalam arti jika ia bagian dari keluarga kami, suatu saat ia kembali.
Cerpen
ll :
“Ya,
Wagiyo kawan sampean itu sudah
memperingatkan bahwa perkutut temuannya itu
rajapati.
Berbahaya. Kabarnya Cuma orang berpan gkat
yang sanggup memeliharanya. Kabarnya malah sampeyan
telah menawarnya tiga puluh ribu . . . .”
“Ya,
benar. Tapi bagaimana burung celaka itu sampai membawa kematian?”
“Istrinya
sangat percaya sama omongan Wagiyo. Sepulangnya orang itu, Si Pinah, ipar sampean itu bersikeras agar menjual saja
burung itu. Dirsan tidak memperbolehkan. Terbawa oleh ketakutan yang makin
memuncak binatang itu dilepas Si Pinah tadi malam. Tapi buktinya burung itu
jodoh dengan Dirsan, buktinya pagi harinya binatang itu tidak terbang jauh.
Burung itu bertengger di pucuk bambu dekat pohon kelapa itu untuk mendapatkan
burung itu kembali. Dan itulah, karena begitu bernafsunya ia pada burung itu
hingga ia terpeleset dan jatuh.”
“Oh,
astagfirullah.”
Perbedaan
pola pengembangan pada kedua cerpen tersebut adalah :
|
Kutipan l
|
Kutipan ll
|
A.
|
menggunakan alur maju
|
menggunakan alur sorot balik
|
B.
|
menggunakan alur sorot balik
|
menggunakan alur maju
|
C.
|
menggunakan alur maju
|
menggunakan alur campuran
|
D.
|
menggunakan alur campuran
|
menggunakan alur maju
|
36. Bacalah nukilan cerpen berikut !
Petruk seorang siswa SMP. Dia malu
memiliki ayah seorang tukang bubur gerobak. Dia naik darah ketika melihat
ayahnya berjualan di sekolahnya. Ayahnya tetap berpendapat bahwa pekerjaannya
mulia dan tidak harus ditinggalkan. Petruk membandingkan ayahnya dengan ayah
Dulan yang seorang pejabat yang selalu dibangga - banggakan . Setiap kali
ayahnya hendak berangkat berjualan bubur, selalu mendapat kopi pahit dari
Petruk.
Makna ungkapan kopi pahit pada
kutipan di atas adalah . ...
A. Kemarahan C. kopi yang terasa pahit
B. Kasih
sayang D.
minuman untuk sarapan
37. Bacalah teks berikut !
Kesepakatan damai itu dipandang tidak adil
karena mengikat diri kedua belah biak. Keduanya masih menyimpan dendam meskipun
masih bersaudara dan rumah mereka berdekatan.
Makna ungkapan mengikat diri pada teks dia
atas adalah ....
A. mengundurkan diri C. berusaha mengelak
B. lari dari
tanggung jawab D. tidak memberi
kebebasan
38. Bacalah pengegalan cerpen berikut!
Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang
gadis belia yang cantik. Mereka
duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta
kakeknya menceritakan riwayat
hidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di
mana mereka sekarang. Sang kakek
terdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita.
“Delapan belas tahun yang lalu, seorang
pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat
gadis cantik bunga desa ini, dan mereka
pun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek
satu-satunya.
Latar tempat pada cerita di atas adalah...
A.
di bawah pohon rindang C. di hutan rimba
B.
di perkampungan. D. di jalan pedesaan
39. Bacalah kutipan cerpen
berikut dengan saksama !
Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
A. kalimat pertama pada paragraf pertama C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
B. Kalimat kedua pada paragraph pertama D. Kalimat keempat pada paragraf kedua
Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
A. kalimat pertama pada paragraf pertama C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
B. Kalimat kedua pada paragraph pertama D. Kalimat keempat pada paragraf kedua
40. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya
seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai
pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak
gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku.
(4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah
Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan
bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi
kesukaanmu, Mulan Jamila).
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .
A. (1) dan (2) C. (3) dan ( 4 )
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .
A. (1) dan (2) C. (3) dan ( 4 )
B. (2) dan (3) D.
(1) dan ( 4 )
II.
Bacalah cerita inspiratif berikut, jawablah pertanyaan di bawahnya!
Dahulu kala, hiduplah seorang Raja dan Ratu yang tidak memiliki anak. Hal
ini membuat Raja dan Ratu sedih. Suatu hari Ratu berjalan di tepi sungai,
tiba-tiba ada seekor ikan kecil mengangkat kepala dan keluar dari air sambil
berkata “Apa yang kau inginkan akan terpenuhi dan kamu akan segera
memiliki putri.”
Ramalan ikan tersebut benar, Ratu melahirkan putri kecil yang cantik. Raja
sangat senang dan mengadakan pesta besar-besaran. Ia mengundang sanak keluarga,
teman, rakyat, dan juga peri yang ada di kerajaan. Di kerajaan hanya ada dua
belas piring emas, sehingga Raja hanya mengundang dua belas peri saja dan peri
ketiga belas tidak diundang.
Setelah perjamuan, semua peri memberikan hadiah terbaiknya untuk putri
kecil tersebut. Satu peri memberikan kebaikan, peri yang lain memberi
kecantikan, kekayaan, dan begitu pula dengan peri yang lain. Setelah peri
kesebelas memberikan berkah, peri ketiga belas yang tidak mendapat undangan
membalas dendam dan berkata “Putri Raja saat usianya yang kelima belas akan
tertusuk jarum jahit dan meninggal.” Peri kedua belas yang belum memberikan
berkah maju dan berkata kutukan tersebut akan terjadi, sang Putri tidak akan
meninggal tetapi akan tertidur selama seratus tahun.
Berkah yang diberikan semua peri terwujud, sang Putri sangat cantik, baik
budi, ramah tamah, bijaksana, hingga semua orang mencintainya. Saat usia sang
Putri lima belas tahun, Raja dan Ratu pergi dan sang Putri ditinggal sendiri di
istana. Sang Putri menyusuri semua kamar satu persatu hingga ia sampai di
sebuah menara tua. Saat membuka pintu, ia melihat seorang wanita sedang
menjahit dan menyulam. Sang Putri mengambil jarum jahit dan mulai ikut
menyulam. Secara tidak sengaja sang Putri tertusuk jarum jahit, dan apa yang
diramalkan peri ketiga belas terjadi. Sang Putri jatuh ke tanah dan tertidur
pulas, Raja dan Ratu yang baru pulang juga tertidur, kuda di kandang,
anjing di halaman, burung merpati di atas atap, dan lalat di dinding, semua
jatuh tertidur.
Tanaman-tanaman liar yang berada di sekitar istana tumbuh dan memagari
istana. Setiap tahun bertambah tebal hingga menutupi semua tempat dan tidak
kelihatan lagi. Kabar Putri cantik yang tertidur terdengar hingga ke pelosok
negeri dan membuat anak raja dan pangeran mencoba masuk ke dalam istana itu.
Tetapi mereka tidak berhasil karena duri dan tanaman yang terhampar
seolah menjerat mereka.
Setelah bertahun-tahun berlalu, orang tua bercerita kepada Pangeran tentang
seorang putri raja yang cantik, tebalnya duri yang memagari istana dan betapa
indahnya istana yang terselubung dengan duri. Kemudian Pangeran tersebut
berkata “Semua cerita ini tidak akan menakutkan saya, saya akan pergi dan
melihat Putri Tidur tersebut.” Meski orang tua tersebut melarang, Pangeran
tetap memaksa untuk pergi.
Saat ini, seratus tahun telah berlalu. Ketika Pangeran datang ke semak
belukar yang memagari istana, yang di lihat hanyalah tanaman indah yang dapat
dilalui dengan mudah. Tanaman tersebut menutup kembali setelah Pangeran
melaluinya. Saat Pangeran tiba di istana, dilihatnya anjing sedang tertidur,
begitu juga kuda di kandang, dilihatnya burung merpati tertidur dengan kepala
di bawah sayapnya, ketika masuk di istana, dia melihat lalat tertidur di
dinding, dan tukang masak yang masih memegang rambut anak yang kelihatan
meringis dalam tidur.
Ketika masuk ke dalam, semua terasa sunyi, hingga ia tiba di sebuah menara
tua dimana Putri Tidur berada. Putri Tidur terlihat begitu cantik hingga sang
Pangeran tidak dapat melepaskan matanya dari sang Putri. Sang Pangeran lalu
berlutut dan mencium sang Putri hingga sang Putri membuka mata dan terbangun
sambil tersenyum kepada sang Pangeran.
Mereka keluar dari menara dan saat itu Raja dan Ratu juga telah terbangun
termasuk menterinya. Kuda di kandang pun terbangun dan meringkik, anjing-anjing
melompat dan menggonggong, burung merpati mengeluarkan kepala dari bawah
sayapnya dan terbang, lalat berterbangan, dan api di dapur kembali menyala.
Akhirnya, Raja dan Ratu mengadakan pesta pernikahan untuk sang Putri dan
Pangeran yang berakhir dengan kebahagiaan sepanjang hidup mereka.
1.
Jelaskan tema cerita di atas ? dan
tulislah kutipan yang mendukung tema yang kamu sebutkan !
2.
Jelaskan alur yang digunakan dalam cerita di atas ? lengkap dengan bagiannya!
3.
Siapakan tokoh protagonis , antagonis, dan tritagonis dalam cerita tersebut ?
4.
Cerita di atas menggunakan sudut pandang apa ? Buktikan !
5.
Tulislah 3 ( Tiga ) inspirasi apa saja
yang dapat kita ambil dari cerita tersebut
JAWABAN
Nama :
Kelas. No :
PILIHAN GANDA
1. 6. 11. 16. 21. 26. 31.
36.
2. 7. 12.
17. 22. 27.
32. 37.
3. 8.
13. 18. 23. 28. 33. 38.
4. 9. 14. 19. 24. 29. 34. 39.
5. 10. 15. 20. 25. 30. 35.
40.
URAIAN
1.
Tema
a. . . .
.
Ø Bukti Kutipan
2.
Alur
Ø Alur
. . . .
v Tahap
Awal : dimulai dari ....... , dan
berakhir ...........
v Tahap Tengah : diwarnai .......; sampai
.....................
v Tahap Akhir : Klimaks ceritanya dapat
disimpulkan bahwa .........................
3.
Tokoh - Tokohnya
Ø Tokoh
Protagonis :
Ø Tokoh
Antagonis :
Ø Tokoh
Tritagonis :
4.
Sudut pandang
Ø sudut pandang orang ke .......
v dibuktikan dengan
..............................
5.
Inspirasi yang dapat diambil dari cerita :
Ø ......................
Ø ......................
Ø ......................
SELAMAT MENGERJAKAN
#################################################################################
MATERI BELAJAR SELAMA SATU MINGGU KE DEPAN
KELAS 8 - A HARI SELASA DAN RABU 31 MARET DAN 1 APRIL 2020
KELAS 8 - B HARI SENIN, DAN KAMIS, 30 MARET DAN 2 APRIL 2020
Tugas kelas 8-A, Selasa, 31 Maret 2020 dan Rabu, 1 April 2020
Tugas Kelas 8-B, Senin, 30 Maret 2020 dan Kamis , 2
April 2020
Tema : Teks Drama
1. Carilah
sebuah teks drama dari buku atau internet, kemudian identifikasi drama yang
kalian temukan itu berdasarkan unsur pembentuknya ( tema, alur, latar, tokoh
dan perwatakannya, dan amanatnya
2. Tulislah sinopsis teks drama tersebut dalam satu
paragraf.
Hasil
mohon dikirim japri paling lambat hari Jumat, 3 April 2020 pkl. 23.59.
Selamat
berlatih, Semoga Tuhan memberkati.
Teriring
doa semoga kita semua sehat.
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
TUGAS MINGGU INI, MULAI 22 MARET 2020
TUGAS MANDIRI BELAJAR DI
RUMAH 8 - A dan B selama satu minggu ke
depan
Jawaban ditulis di kertas boleh
folio boleh HVS, dikumpulkan saat masuk!
Ubahlah Cerita Berikut Menjadi
Teks Drama !
Nasihat dari Penjual Bakmi
Ana bertengkar hebat dengan ibunya. Penuh amarah yang
membuncah, akhirnya Ana meninggalkan rumah tanpa membawa apapun. Dalam
perjalanannya, ia baru menyadari sama sekali tdk membawa uang.
Saat menyusuri
sebuah jalan, ia melewati sebuah kedai dan mencium harumnya aroma masakan sang
pedagang bakmi. Ia ingin sekali memesan semangkuk, tetapi tak sepeser uang pun
di kantongnya.
Pemilik kedai
melihat Ana berdiri cukup lama di depan kedainya, lalu berkata “Nona, apakah
engkau ingin memesan semangkuk bakmi?”
” Ya, tetapi, aku tidak membawa uang,” jawab Ana
dengan malu-malu
“Tidak apa-apa, aku akan mentraktirmu” jawab si
pemilik kedai. “Silahkan duduk, aku akan memasakkan bakmi untukmu”.
Tidak lama kemudian, pemilik kedai itu mengantarkan
semangkuk bakmi. Ana segera makan beberapa suap, kemudian air matanya mulai
berlinang..
“Ada apa nona?” tanya si pemilik kedai.
“Tidak apa-apa. Aku hanya terharu,” jawab Ana sambil
mengeringkan air matanya.
“Bahkan, seorang yang baru kukenal pun memberi aku
semangkuk bakmi. Tetapi ibuku sendiri, setelah bertengkar denganku, mengusirku
dari rumah dan mengatakan kepadaku agar jangan kembali lagi ke rumah,” ucapan
Ana disertai sedu-sedan sambil meneruskan curahan hatinya, “Kau, seorang yang
baru kukenal, tetapi begitu peduli denganku dibandingkan dengan ibu kandungku
sendiri.”
Pemilik kedai setelah mendengar perkataan Ana menarik
nafas panjang…
“Nona mengapa kau berpikir seperti itu? Renungkanlah hal ini. Aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu. Ibumu telah memasak bakmi dan nasi untukmu saat kau kecil sampai saat ini, mengapa kau tidak berterima kasih kepadanya? Dan, kau malah bertengkar dengannya.”
“Nona mengapa kau berpikir seperti itu? Renungkanlah hal ini. Aku hanya memberimu semangkuk bakmi dan kau begitu terharu. Ibumu telah memasak bakmi dan nasi untukmu saat kau kecil sampai saat ini, mengapa kau tidak berterima kasih kepadanya? Dan, kau malah bertengkar dengannya.”
Ana, terhenyak mendengar hal tersebut. “Mengapa aku
tdk berpikir tentang itu? Untuk semangkuk bakmi dari orang yang baru kukenal,
aku begitu berterima kasih, tetapi kepada ibuku yg memasak untukku selama
bertahun-tahun, aku bahkan tidak memperlihatkan kepedulianku kepadanya. Dan,
hanya karena persoalan sepele, aku bertengkar dengannya.
Ana, segera menghabiskan bakminya, lalu ia menguatkan
dirinya untuk segera pulang ke rumahnya. Saat berjalan ke rumah, ia memikirkan
kata-kata yg harus diucapkan kepada ibunya.
Begitu sampai di ambang pintu rumah, ia melihat ibunya
dengan wajah letih dan cemas. Ketika bertemu dengan Ana, kalimat pertama yang
keluar dari mulutnya adalah “Ana kau sudah pulang, cepat masuklah, aku telah
menyiapkan makan malam dan makanlah dahulu sebelum kau tidur. Makanan akan
menjadi dingin jika kau tidak memakannya sekarang”.
Pada saat itu Ana tidak dapat menahan tangisnya. Ia
langsung bersimpuh penuh air mata dihadapan ibunya.
Sekali waktu, kita mungkin akan sangat berterima kasih
kepada orang lain di sekitar kita untuk suatu pertolongan kecil yang diberikan
kepada kita. Tetapi kepada orang yang sangat dekat (keluarga) khususnya orang
tua, kita semestinya berterima kasih hingga habis usia dilekang waktu.
JAWABAN
Nasihat
dari Penjual Bakmi
1.
Narator
2.
Narator
3.
Narator
4. Pemilik Kedai :
5.
Ana :
6. Pemilik Kedai :
7.
Narator
8.
Pemilik Kedai :
9. Ana
:
10. Pemilik Kedai :
11. Ana
:
12. Narator
13. Ibu
:
14. Narator
_______________________________________________________________________________
TUGAS KELAS 8 - B HARI KAMIS , 19 MARET 2020 JAM 1-3
TOLONG JAWABAN DI JAPRI KIRIM LEWAT WA. NO. 081-259-281-14
Bacalah
cerita inspiratif berikut, jawablah pertanyaan di bawahnya!
Dahulu kala, hiduplah seorang Raja dan Ratu yang tidak memiliki anak. Hal
ini membuat Raja dan Ratu sedih. Suatu hari Ratu berjalan di tepi sungai,
tiba-tiba ada seekor ikan kecil mengangkat kepala dan keluar dari air sambil
berkata “Apa yang kau inginkan akan terpenuhi dan kamu akan segera
memiliki putri.”
Ramalan ikan tersebut benar, Ratu melahirkan putri kecil yang cantik. Raja
sangat senang dan mengadakan pesta besar-besaran. Ia mengundang sanak keluarga,
teman, rakyat, dan juga peri yang ada di kerajaan. Di kerajaan hanya ada dua
belas piring emas, sehingga Raja hanya mengundang dua belas peri saja dan peri
ketiga belas tidak diundang.
Setelah perjamuan, semua peri memberikan hadiah terbaiknya untuk putri
kecil tersebut. Satu peri memberikan kebaikan, peri yang lain memberi
kecantikan, kekayaan, dan begitu pula dengan peri yang lain. Setelah peri
kesebelas memberikan berkah, peri ketiga belas yang tidak mendapat undangan
membalas dendam dan berkata “Putri Raja saat usianya yang kelima belas akan
tertusuk jarum jahit dan meninggal.” Peri kedua belas yang belum memberikan
berkah maju dan berkata kutukan tersebut akan terjadi, sang Putri tidak akan
meninggal tetapi akan tertidur selama seratus tahun.
Berkah yang diberikan semua peri terwujud, sang Putri sangat cantik, baik
budi, ramah tamah, bijaksana, hingga semua orang mencintainya. Saat usia sang
Putri lima belas tahun, Raja dan Ratu pergi dan sang Putri ditinggal sendiri di
istana. Sang Putri menyusuri semua kamar satu persatu hingga ia sampai di
sebuah menara tua. Saat membuka pintu, ia melihat seorang wanita sedang
menjahit dan menyulam. Sang Putri mengambil jarum jahit dan mulai ikut
menyulam. Secara tidak sengaja sang Putri tertusuk jarum jahit, dan apa yang
diramalkan peri ketiga belas terjadi. Sang Putri jatuh ke tanah dan tertidur
pulas, Raja dan Ratu yang baru pulang juga tertidur, kuda di kandang,
anjing di halaman, burung merpati di atas atap, dan lalat di dinding, semua
jatuh tertidur.
Tanaman-tanaman liar yang berada di sekitar istana tumbuh dan memagari
istana. Setiap tahun bertambah tebal hingga menutupi semua tempat dan tidak
kelihatan lagi. Kabar Putri cantik yang tertidur terdengar hingga ke pelosok
negeri dan membuat anak raja dan pangeran mencoba masuk ke dalam istana itu.
Tetapi mereka tidak berhasil karena duri dan tanaman yang terhampar
seolah menjerat mereka.
Setelah bertahun-tahun berlalu, orang tua bercerita kepada Pangeran tentang
seorang putri raja yang cantik, tebalnya duri yang memagari istana dan betapa
indahnya istana yang terselubung dengan duri. Kemudian Pangeran tersebut
berkata “Semua cerita ini tidak akan menakutkan saya, saya akan pergi dan
melihat Putri Tidur tersebut.” Meski orang tua tersebut melarang, Pangeran
tetap memaksa untuk pergi.
Saat ini, seratus tahun telah berlalu. Ketika Pangeran datang ke semak
belukar yang memagari istana, yang di lihat hanyalah tanaman indah yang dapat
dilalui dengan mudah. Tanaman tersebut menutup kembali setelah Pangeran
melaluinya. Saat Pangeran tiba di istana, dilihatnya anjing sedang tertidur,
begitu juga kuda di kandang, dilihatnya burung merpati tertidur dengan kepala
di bawah sayapnya, ketika masuk di istana, dia melihat lalat tertidur di
dinding, dan tukang masak yang masih memegang rambut anak yang kelihatan
meringis dalam tidur.
Ketika masuk ke dalam, semua terasa sunyi, hingga ia tiba di sebuah menara
tua dimana Putri Tidur berada. Putri Tidur terlihat begitu cantik hingga sang
Pangeran tidak dapat melepaskan matanya dari sang Putri. Sang Pangeran lalu
berlutut dan mencium sang Putri hingga sang Putri membuka mata dan terbangun
sambil tersenyum kepada sang Pangeran.
Mereka keluar dari menara dan saat itu Raja dan Ratu juga telah terbangun
termasuk menterinya. Kuda di kandang pun terbangun dan meringkik, anjing-anjing
melompat dan menggonggong, burung merpati mengeluarkan kepala dari bawah
sayapnya dan terbang, lalat berterbangan, dan api di dapur kembali menyala.
Akhirnya, Raja dan Ratu mengadakan pesta pernikahan untuk sang Putri dan
Pangeran yang berakhir dengan kebahagiaan sepanjang hidup mereka.
1.
Jelaskan tema cerita di atas ? dan
tulislah kutipan yang mendukung tema yang kamu sebutkan !
2.
Jelaskan alur yang digunakan dalam cerita di atas ?
3.
Siapakan tokoh protagonis , antagonis, dan tritagonis dalam cerita tersebut ?
4.
Cerita di atas menggunakan sudut pandang apa ? Buktikan !
5.
Tulislah 3 ( Tiga ) inspirasi apa saja
yang dapat kita ambil dari cerita tersebut
Selamat bekerja semoga Tuhan memberkati!
Selamat bekerja semoga Tuhan memberkati!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.